Pemanfaatan Sumber Daya Lokal

Ilustrasi

RADIO SUARA WAJAR – Kepala Dinas Pertambangan dan Energi Provinsi Lampung, Piterdono, saat rapat bersama pengembang JTTS ruas Bakauheni—Terbanggibesar, di Hotel Aston, Bandar Lampung, Kamis (3/3/2016) mengatakan bahwa salah satu dampak dari pembangunan jalan tol adalah meningkatnya minat investasi. Terutama, dalam bidang pertambangan, yaitu menyangkut pelayanan pembuatan izin pertambangan, seperti tambang pasir dan tambang batu.

Pemprov minta BUMN yang ditunjuk sebagai pengembang tol agar memanfaatkan potensi sumber daya yang ada di Lampung  melalui perusahaan yang memiliki legalitas, seperti penggunaan bahan material pasir, batu, dan tanah.

Ia memastikan akan membantu seluruh pengusaha pertambangan di Lampung dalam membuat izin usaha pertambangan khusus (IUPK). Langkah ini dilakukan agar jangan sampai potensi sumber daya yang ada, tidak tepat dalam penggunaannya.

Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Pemprov Lampung, Adeham, mengatakan terkait pembangunan jalan tol, pihaknya akan terus melakukan percepatan pembebasan lahan. Sebelumnya, Presiden Joko Widodo juga mengapresiasi kinerja Pemprov.

Sepanjang sejarah pembangunan jalan tol, Lampung adalah yang tercepat pelaksanaannya. Adeham menargetkan pembangunan jalan tol di Lampung selesai sebelum perhelatan Asian Games 2018. (lampost)

428 Total Views 1 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *