Pemerintah Provinsi Lampung kembali berangkatkan transmigran ke Kalimantan Barat

Pemberangkatkan transmigran ke Kalimantan Barat Senin 21 Desember 2015.

Pemberangkatkan transmigran ke Kalimantan Barat Senin 21 Desember 2015.

BANDAR LAMPUNG, RADIO SUARA WAJAR — Pemerintah Provinsi Lampung kembali memberangkatkan transmigran ke Kalimantan Barat. Pemerintah menyatakan, ada sekitar 8 ribu warga di Lampung yang ingin mengikuti program transmigrasi.

Sebanyak 30 kepala keluarga asal Kabupaten Lampung Tengan dan Pesawaran, Senin siang 21 Desember 2015 diberangkatkan ke Provinsi Kalimantan Barat. Para transimgran ini dilepas oleh Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Lampung, Sumiarti Somad, yang mewakili Gubernur Lampung M Ridho Ficardo.

Usai pelepasan, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Lampung, Sumiarti Somad mengatakan, transmigran yang lolos seleksi akan menuju kabupaten Kayong Utara dan Kapuas Hulu, Provinsi Kalimantan Barat.

Menurut Sumiarti Somad, sampai saat ini ada sekitar 8 ribu 600 masyarakat yang ingin mengikuti program transmigrasi. Namun, karena keterbatasan kuota dari pemerintah pusat, pemberangkatan terpaksa dilakukan secara bertahap, dan harus melalui seleksi yang ketat. Sumiarti Somad menegaskan, transmigran yang sudah diberangkatkan harus mengikuti aturan yang ditetapkan.

Seperti diketahui, sebelumnya pada 14 Desember 2015 lalu Pemerintah sudah memberangkatkan 25 kepala keluarga asal Kabupaten Lampung Utara dan Kabupaten Pringsewu, ke Kabupaten Konawe dan Kolaka, Provinsi Sulawesi Tenggara. Sejak tahun 2007 yang lalu, Pemerintah Propinsi Lampung sudah mulai mengirimkan transmigran ke Sulawesi dan Kalimantan. Hingga tahun ini, tercatat tidak kurang dari 1000 jiwa sudah diberangkatkan untuk mengikuti program transmigrasi.***

Reporter : Robert

 

958 Total Views 1 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *