Presiden Jokowi: Petani Harus Menikmati Kenaikan Hasil Pertanian

Presiden Joko Widodo saat berfoto bersama dengan pemenang APN 2015 di depan Istana Negara, Senin 21 Desember 2015. Foto : Robert

Presiden Joko Widodo saat berfoto bersama dengan pemenang APN 2015 di depan Istana Negara, Senin 21 Desember 2015. Foto : Robert

JAKARTA, RADIO SUARA WAJAR — Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan menungu hasil selama dua tiga tahun kedepan dengan kebijakannya menaikkan anggaran Kementerian Pertanian sebesar 100 persen.

Demikian disampaikan Presiden Jokowi dalam sambutannya pada acara pemberian penghargaan Adhi Karya Pangan Nusantara, di Istana Negara, Jakarta, sore kemarin, Senin 21 Desember 2015.

“Apakah impor pangan akan semakin menurun, apakah produksi, entah padi, entah jagung, entah kedelai akan naik. Akan saya lihat. Saya tidak ingin tergesa-gesa. Baru setahun sudah minta sebuah hasil, tidak. Ini sebuah program jangka menengah, jangka panjang yang terus menerus,” kata Presiden.

Orang nomor satu di Indonesia ini mengklaim nilai impor akhir-akhir ini sudah mengalami penurunan.

“Kelihatan, jagung sudah drop turun, apalagi yang lain juga drop turun. Daging juga drop turun, bawang drop turun, sudah kelihatan angka-angkanya. Kelihatan. Tetapi saya ingin melihat nanti dua sampai tiga tahun lagi ini akan semakin kelihatan, karena kita ingin fokus kita berikan prioritas pada sektor pertanian,” ujarnya.

Jokowi mewanti-wanti agar peningkatan produksi hasil pertanian berbanding lurus dengan peningkatan kesejahteraan petani.

“Jangan sampai yang banting tulang dari pagi sampai malem pagi sampai malem pagi sampai malem petani, tetapi yang untung yang ada di tengah, enggak. Saya sampaikan kepada Menteri Pertanian agar didorong harga itu betul-betul dinikmati oleh petani,” kata Presiden Jokowi.***

Reporter : Robert

802 Total Views 1 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *