Ini Dia Pulau Berpenghuni Yang Bertetangga Dengan Anak Gunung Krakatau

Budi Satmiko, pelancong asal Yogyakarta, saat berada di Pulau Sebesi (30/08/2015).

Budi Satmiko, pelancong asal Yogyakarta, saat berada di Pulau Sebesi (30/08/2015).

LAMPUNG SELATAN, RADIO SUARA WAJAR — Sebesi, pulau kecil di tengah Selat Sunda ini merupakan salah satu pulau berpenghuni dan memiliki potensi wisata. Dari Pulau Sebesi, pengunjung bisa melihat Gunung Anak Krakatau yang kokoh menjulang di tengah laut. Untuk mencapai Pulau Sebesi, bisa menggunakan kapal sewaan dari Dermaga Canti, atau Dermaga Grand Elty Krakatoa Resort, Lampung Selatan. Harga sewa kapal di Dermaga Canti sebesar Rp 3-4 juta rupiah dan cukup untuk dinaiki 30 orang. Selama perjalanan, tampak beberapa pulau kecil lainnya yang belum berpenghuni di Selat Sunda. Setelah kurang lebih satu setengah jam perjalanan, maka tibalah di Pulau Sebesi.

Di Pulau Sebesi, terlihat warga yang sibuk mengangkut hasil panen berupa pisang dan kakao menuju kapal-kapal. Hal yang menarik di Pulau Sebesi ini adalah sebagian warganya tidak mencari penghasilan sebagai nelayan, namun sebagai petani perkebunan. Letusan Gunung Krakatau di tahun 1883 telah memberikan dampak positif bagi Pulau Sebesi ini. Abu vulkanik yang dihasilkan oleh Gunung Krakatau, membuat tanah di Pulau Sebesi menjadi subur. Tidak heran jika warga di sini lebih memilih untuk bercocok tanam daripada melaut.

Menurut warga di Pulau Sebesi, awalnya pulau ini dimiliki secara perseorangan. Kemudian, Dinas Pariwisata setempat mulai mengembangkan potensi wisata ini agar layak untuk dikunjungi wisatawan. Pulau Sebesi memiliki satu desa yang bernama Desa Tejang dan terdiri dari lima dusun yaitu Dusun Gubuk Seng, Dusun Bangunan, Dusun Impres, Dusun Regahan Lada, dan yang letaknya paling jauh dari dermaga Pulau Sebesi adalah Dusun Sigenom. Warga yang tinggal di Pulau Sebesi ini kebanyakan adalah pendatang berasal dari Provinisi Banten.

Dari beberapa dusun yang ada, Dusun Gubuk Seng adalah dusun yang memiliki panorama yang paling indah. Di pantai dekat Dusun Gubuk Seng, pengunjung dapat melihat dengan jelas Gunung Krakatau dan Gunung Anak Krakatau yang saling “berdiri” bersebelahan. Selain dapat menikmati keindahan panorama Gunung Krakatau, kita juga dapat berenang di wilayah laut Pulau Sebesi ini. Air laut yang jernih dengan berbagai jenis terumbu karang menjadi daya tarik tersendiri untuk wisatawan lokal dan mancanegara.

Beberapa waktu lalu, seorang pelancong asal Yogyakarta yang mengikuti Tour Anak Gunung Krakatau 30 Agustus 2015, Budi Satmiko sempat bermalam di Pulau Sebesi. Kondisi di Pulau Sebesi menurut Budi, belum memungkinkan anak-anak mengenyam pendidikan dengan baik karena minimnya fasilitas penerangan.***

Reporter : Robert

1318 Total Views 1 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *