Pers harus mampu memberikan stimulan optimisme dalam sebuah pemberitaan

Gubernur Lampung M. Ridho Ficardo saat mengikuti acara puncak peringatan Hari Pers Nasional di Mandalika Resort, Lombok, Nusa Tenggara Barat Selasa (09/02).

Gubernur Lampung M. Ridho Ficardo saat mengikuti acara puncak peringatan Hari Pers Nasional di Mandalika Resort, Lombok, Nusa Tenggara Barat Selasa (09/02).

LOMBOK, RADIO SUARA WAJAR — Pers harus mampu memberikan stimulan optimisme dalam sebuah pemberitaan. Hal tersebut disampaikan Presiden Joko Widodo Selasa (09/02) saat memberikan sambutan pada puncak perayaan Hari Pers Nasional Tahun 2016 yang dipusatkan di Mandalika Resort, Lombok, Nusa Tenggara Barat.

“Kita harus bersyukur karena beruntung hidup di era kemerdekaan dan kebebasan pers, dimana pers dijadikan sebagai kontrol sosial, masyarakat setiap hari diberikan informasi, opini dan data yg beragam. Tentunya hal ini memberikan manfaat tersendiri bagi masyarakat selaku penerima informasi”, ujarnya.

Presiden Jokowi juga mengisyaratkan agar kiranya insan pers melalui pemberitaan-pemberitaan yang disajikan kepada masyarakat dapat menciptakan kondisi yang mendorong dalam membangun etos kerja masyarakat dan produktivitas masyarakat, bukan sebaliknya mempengaruhi masyarakat menjadi pesimis akan menghadapi suatu keadaan.

Dalam sambutannya Presiden Jokowi juga berpesan kepada jurnalis untuk tetap mengedepankan kepatuhan kepada kode etik jurnalistik, terkadang muncul berita yang tidak berimbang, terdapat pula berita dicampur adukan pada opini dan fakta.

“Dahulu pers ditekan pemerintah sekarang pers menekan pemerintah, tetapi disadari saat ini yang menekan pers adalah industri media itu sendiri karena adanya persaingan dalam bisnis media di Indoensia,” tutup Jokowi dalam sambutannya.

Diinformasikan Karo Humas dan Protokol Bayana, dalam komentarnya setelah mengikuti acara puncak peringatan Hari Pers Nasional ini Gubernur Lampung M. Ridho Ficardo berharap agar pers selalu tetap dipercaya masyarakat sebagai corong informasi.

“Dan semoga insan pers dapat selalu menghadirkan informasi yang berimbang dan faktual sehingga informasi yang disajikan akan baik dan berguna bagi pembangunan di Indonesia, lebih khusus untuk pembangunan yang sedang dilaksanakan di Provinsi Lampung,” ungkapnya.

Ditambahkan Kabag Humas Heriyansyah turut hadir dalam acara puncak peringatan Hari Pers Nasional Tahun 2016 ini sejumlah menteri dari kabinet kerja, para pimpinan dan pejabat kementerian dan BUMN, petinggi TNI dan POLRI, para Kepala Daerah di Indonesia, Duta Besar dan Utusan dari Negara-Negara Tetangga, Tokoh Pers, pemilik perusahaan media dan para jurnalis yang berasal dari daerah di wilayah Indonesia.***

Reporter : Robert

537 Total Views 1 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *