Pemprov Lampung Peringatan Hari Nusantara Tahun 2015

Wakil Gubernur Lampung Bachtiar Basri saat memberikan penghargaan pada Upacara Peringatan Hari Nusantara Tahun 2015 di Lapangan KORPRI Bandar Lampung, Kamis (17/12/2015).

Wakil Gubernur Lampung Bachtiar Basri saat memberikan penghargaan pada Upacara Peringatan Hari Nusantara Tahun 2015 di Lapangan KORPRI Bandar Lampung, Kamis (17/12/2015).

BANDAR LAMPUNG, RADIO SUARA WAJAR — Pemerintah Provinsi Lampung memberikan penghargaan kepada Bintara Teladan pada Upacara Peringatan Hari Nusantara Tahun 2015 di Lapangan KORPRI Bandar Lampung, Kamis (17/12/2015). Penghargaan ini diberikan berdasarkan Keputusan Gubernur Lampung No. G/583/III.17/HK/2015 tanggal (16/12).

Dalam acara ini Wakil Gubernur Lampung bertindak selaku Inspektur Upacara sedangkan Pemimpin Upacara adalah Mayor Laut (K) Karimudin yang sehari-hari bertugas sebagai Perwira Staf Intelijen Lanal Lampung.

Adapun penghargaan diberikan kepada AKBP M. Fauzi dan Brigadir Polisi Yusharyanto atas dedikasinya dalam mengungkap tindak pidana Illegal Fishing Tahun 2015. Selain itu Penghargaan juga diberikan kepada Kopda APM Nakasoni sebagai Bintara Teladan atas partisipasi aktifnya dalam budidaya ikan lele bekerjasama dengan BBPBL Hanura Lampung dan Penghargaan kepada Kopda Mar M. Mahmud Syarif atas partisipasi aktifnya dalam pelestarian penanaman mangrove dan terumbu karang di wilayah perairan Lampung.

Diinformasikan oleh Karo Humas dan Protokol Bayana, pada kesempatan ini Pemerintah Provinsi Lampung juga turut memberikan penghargaan pada PPP Lempasing Kota Bandar Lampung sebagai Peringkat II Pelabuhan Perikanan Teladan dalam Penghargaan Adibakti Mina Bahari Bidang Perikanan Tangkap Tingkat Nasional 2015.

Penghargaan juga diberikan kepada Kelompok Pas Mantap Kecamatan Palas Kabupaten Lampung Selatan sebagai Terbaik I Lomba Usaha Kecil Menengah (UKM) Pengelolaan Terbaik Tingkat Provinsi Lampung Tahun 2015, kepada Kelompok Mitra Sejati Kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan dan Kelompok Anggrek Kecamatan Katibung Lampung Selatan sebagai Terbaik I Lomba Unit Penanganan, Pengelolaan Hasil Perikanan Nonkonsumsi Skala Mikro Terbaik Tingkat Provinsi Lampung Tahun 2015.

Selain itu Pemerintah Provinsi Lampung juga turut memberikan bantuan Mobil Alih Teknologi dan Informasi dalam rangka memasyarakatkan makan ikan, bantuan alat uji kualitas air, bantuan bahan baku pakan dan kendaraan roda tiga dalam gerakan pakan ikan mandiri, bantuan alat komunikasi dan penerbitan sertifikasi hak atas tanah nelayan kepada nelayan di Kabupaten Lampung Selatan, Lampung Timur dan kabupaten Tanggamus.

Pemberian Alat Penangkapan Ikan dan Alat Bantu Penangkapan Ikan kepada Kub Nelayan dalam rangka revitalisasi alat penangkapan ikan dan alat bantu penangkapan yang ramah lingkungan.

Dalam sambutan Wakil Gubernur Lampung Bachtiar Basri menjelaskan, Peringatan yang mengambil tema “Kekayaan Energi dan Sumber Daya Mineral untuk Pembangunan Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia Untuk Mewujudkan Kejayaan dan Kemakmuran Bangsa” mengandung makna yang sangat tinggi dalam memotivasi kita semua untuk menggali dan memanfaatkan kekayaan energi dan sumber daya mineral untuk membangun masa depan bangsa.

“Provinsi Lampung memiliki peran penting dalam mendukung terwujudnya¬†¬† Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia, mengingat posisi strategis Provinsi Lampung. Salah satu yang telah dikembangkan di Provinsi Lampung terkait Poros Maritim adalah pengembangan tol laut yang menghubungkan antara Lampung dan Surabaya. Diharapkan dengan adanya tol laut ini, distribusi barang dan jasa serta penumpang dapat efisien”, jelasnya.

Lebih lanjut Bachtiar menjelaskan, payung hukum yang mendukung terwujudnya keterpaduan pembangunan bidang kelautan antara lain Peraturan Daerah (Perda) Rencana Zonasi Wilayah Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil (RZWP3K) Provinsi Lampung yang saat ini dalam proses penyusunan.

“Diharapkan Perda dimaksud dapat segera terbit dan mengakomodir setiap stakeholder terkait sehingga pemanfaatan sumberdaya yang ada dapat optimal dan berkelanjutan”, tambahnya.

Ditambahkan oleh Kabag Humas Heriyansyah dalam acara Hari Nusantara ini juga turut ditetapkan Susunan Kepengurusan Ikatan Penyuluhan Perikanan Indonesia (IPKNI) Provinsi Lampung Masa Bakti 2015-2018 dalam rangka meningkatkan penyelenggaraan penyuluhan perikanan yang efektif, terarah dan berkesinambungan di Provinsi Lampung.***

Reporter : Robert

863 Total Views 1 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *