Basarnas mempersiapkan kesiapsiagaan seluruh stake holder bidang SAR di Lampung

Rapat Koordinasi dan Pembentukan Forum Koordinasi Potensi Pencarian dan Pertolongan Daerah (FKP3D) Provinsi Lampung di Hotel Horison, Bandar Lampung Rabu (18/11).

Rapat Koordinasi dan Pembentukan Forum Koordinasi Potensi Pencarian dan Pertolongan Daerah (FKP3D) Provinsi Lampung di Hotel Horison, Bandar Lampung Rabu (18/11).

BANDAR LAMPUNG, RADIO SUARA WAJAR — Badan SAR Nasional (Basarnas) sebagai Institusi Pemerintah yang menjadi leading sektor di bidang SAR, Rabu (18/11) melaksanakan Rapat Koordinasi dan Pembentukan Forum Koordinasi Potensi Pencarian dan Pertolongan Daerah (FKP3D) Provinsi Lampung di Hotel Horison, Bandar Lampung.

Dijelaskan Kabag Humas Biro Humas dan Protokol Heriyansyah, Direktur Bina Ketenagaan dan Pemasyarakatan SAR Basarnas, Brigadir Jenderal TNI (Mar) Suprayogi menekankan pentingnya koordinasi lintas sektoral dalam pelaksanaan operasional SAR.

“Tugas SAR menjadi tugas kita bersama. Basarnas adalah tim gabungan seluruh potensi SAR yang ada di tanah air, baik level nasional maupun daerah,”tegasnya.

Pelaksanaan operasi SAR, imbuhnya harus terlaksana dengan cepat, handal dan aman. “Rapat koordinasi dan pembentukan FKP3D ini dalam rangka menyamakan persepsi baik pola pikir dan pola tindak dalam pelaksanaan operasi SAR di lapangan,” ujar Suprayogi.

Direktur Bina Ketenagaan dan Pemasyarakatan SAR Basarnas ini juga menegaskan, acara ini bertujuan mempersiapkan kesiapsiagaan seluruh stake holder bidang SAR. Khususnya Pemerintah Daerah dalam menghadapi berbagai musibah yang mengancam hidup masyarakat khususnya di Provinsi Lampung.

Pada kesempatan yang sama, Sekretaris Daerah Provinsi Lampung Arinal Djunaidi menyebutkan, Provinsi Lampung merupakan salah satu daerah yang memiliki tingkat resiko ancaman bencana yang cukup tinggi. Itu artinya, dalam menangani bencana khususnya guna mencari korban dan memberikan pertolongan membutuhkan SDM yang profesional baik secara individu maupun kelembagaan. Dengan tersedianya Sumber Daya Manusia yang handal Arinal Djunaidi yakin dapat meminimalisir korban jiwa berkat penanganan yang cepat, tepat, prioritas dan terpadu.

Arinal Djunaidi menegaskan, melalui rakor SAR Daerah dan pembentukan FKP3D Provinsi Lampung ini, kiranya dapat merumuskan solusi dalam menghadapi berbagai kendala dan tantangan pada saat musibah/bencana.

Sekretaris Daerah juga berharap forum Sekretaris Daerah juga berharap forum ini hendaknya difungsikan untuk mengantisipasi musibah maupun bencana yang setiap saat dapat terjadi di Lampung. Yakni dengan tetap menjaga sinergitas seluruh stakeholder di bidang SAR di Lampung yang menjadi kunci berhasilnya pelaksanaan operasi SAR ketika terjadi musibah atau bencana. Semua unsur, diharapkan dapat terintegrasi atas nama kemanusiaan, tutup Sekretaris Daerah Provinsi Lampung Arinal Djunaidi dalam sambutannya.

Hadir dalam kesempatan ini hadir Kepala Badan Penanggulangan Bencana Provinsi Lampung Sobri, Kepala Kantor SAR Lampung Setiawan Gerda Yustitia, perwakilan dari BPBD kabupaten/kota di Provinsi Lampung, unsur TNI dan Polri, perwakilan Radio Antar Penduduk Indonesia serta organisasi masyarakat dan kepemudaan.***

Reporter : Robert

688 Total Views 1 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *