Polda Lampung Siapkan Layanan SIM Online

sim-onlineBANDARLAMPUNG, RADIO SUARA WAJAR – Jajaran Direktorat Lalu Lintas Kepolisian Daerah Lampung menyiapkan pelayanan perpanjangan Surat Izin Mengemudi secara online di daerah setempat, menjelang peluncuran secara serentak layanan SIM online oleh Presiden Joko Widodo bersama Kapolri pada 6 Desember 2015.

Seperti dilansir dalam antaranews.com, Kamsi (03/12), Direktur Lalu Lintas Polda Lampung, AKBP Prahoro Tri Wahyono, di Bandarlampung, Kamis mengatakan pelaksanaan kegiatan itu dimaksudkan untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat memiliki kelengkapan surat menyurat berkendaraan miliknya.

“Masyarakat di Lampung khususnya maupun umumnya se-Indonesia akan semakin mudah, karena pelayanan SIM Online dapat mempermudah seluruhnya,” ucapnya.

Ia mengatakan, jika sebelumnya warga harus pulang ke daerah masing-masing (KTP domisili) untuk pengurusan perpanjangan SIM, dengan adanya pelayanan SIM Online ini, warga tak perlu lagi begitu. Warga cukup datang ke Polresta Bandarlampung untuk pengurusan perpanjangan SIM di Kota Bandarlampung ini.

“Tapi ini hanya untuk perpanjangan SIM bukan untuk pembuatan SIM baru, mengingat untuk membuat SIM baru tetap harus pulang ke daerah asal sesuai domisili dalam KTP,” ujar AKBP Prahoro pula.

Dia melanjutkan, pelaksanaan peluncuran layanan SIM Online itu di Lampung rencananya akan dipusatkan di Tugu Adipura Bandarlampung mulai pukul 06.00–11.00 WIB pada 6 Desember, bertepatan dengan Hari Bebas Kendaraan (Car Free Day) di kota ini.

“Seluruh masyarakat yang hadir dapat melakukan perpanjangan SIM secara online pada hari itu dengan mudah. Bagi 50 pendaftar pertama dilayani secara gratis tanpa dipungut biaya,” katanya pula.

Dirlantas Polda Lampung itu menyebutkan, persyaratan untuk mengurus SIM Online itu tidak sulit, yaitu hanya membawa SIM lama dan KTP sebagai identitas diri untuk pengurusan perpanjangan tersebut.

“Jadi, masyarakat yang hendak berolahraga di hari itu pun tidak akan mengalami hambatan apabila berkeinginan untuk memperpanjang SIM yang telah habis masa berlakunya,” ujarnya pula.

Selain peluncuran SIM Online, pihaknya juga menyediakan sarana pengobatan gratis serta beberapa hiburan maupun pembagian hadiah hiburan untuk masyarakat yang hadir pada 6 Desember di Tugu Adipura Bandarlampung tersebut. Ia berharap dengan adanya pelaksanaan layanan SIM Online itu dapat mempermudah masyarakat dalam memiliki kelengkapan surat menyurat berkendaraan tersebut.

 

993 Total Views 2 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *