Diperlukan Penyuluhan Sadar Berlalu Lintas bagi Pelajar

pelajar-naik-motor-tanpa-helm-dan-sim_20150730_210912

Iluatrasi

RADIO SUARA WAJAR – Saat ini terdapat ribuan para pelajar SMP dan SMA dalam wilayah Kecamatan Katibung Lampung Selatan yang setiap hari memakai sepeda motor untuk pergi dan pulang sekolah. Dapat dipastikan mereka belum mempunyai surat izin mengemudi (SIM) lantaran masih di bawah umur.

Jumlah ini makin hari makin bertambah sehingga terjadi kepadatan lalu lintas oleh kendaraan sepeda motor pelajar tersebut pada saat pagi hari dan juga siang ketika mereka pulang dari sekolah masing-masing. Ironisnya banyak di antaranya yang menggunakan sepeda motor tersebut melebihi kapasitas yaitu berbonceng tiga dalam satu sepeda motor. Hal ini tentu menjadi riskan terhadap kecelakaan lalu lintas.

Di samping itu, warga menilai disiplin pelajar dalam berlalu lintas juga rendah dan tidak memperhatikan keselamatan baik pengendara maupun orang lain. Belum lagi mental para pelajar yang tergolong labil lantaran pada umumnya masih berusia di bawah 17 tahun.

“Saya pikir untukm encegah hal semacam ini perlu dilakukan penyuluhan berlalu lintas agar mereka mengetahui tata krama mengendarai sepeda motor tersebut ” ujar Maryono, salah seorang waga Katibung.

Sebagian orang tua siswa juga menyadari cukup riskan untuk membiarkan anak mereka mengemudikan sepeda motor tersebut. Namun, ketika teman-temannya sudah memakai sepeda motir ke sekolah, orang tua dengan berat hati terpaksa mengizinkan anaknya memakai sepeda mptor kesekolah.

“Saya sangat waswas untuk mengizinkan anak rempuan saya membawa sepeda motor ke sekolah, tapi lantaran sebagian besar temannya sudah memakai sepeda motor, saya dengan berat hati mengizinkannya ” ujar Sariuddin, seorang orang tua siswa.

Oleh karena itu, banyak orang tua berharap adanya penyuluhan lalu lintas teradap para siswa tersebut agar mereka mengerti tata cara dan peraturan lalu lintas dan inimla mereka engetahui etia dalam emngemudian sepeda motir, sehingga dapat berjalan dengan tertib.

 

1068 Total Views 1 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *