Warga Ambon Padati Pembukaan Pesparawi Nasional

1841158pembukaan-pesparawi1780x390RADIO SUARA WAJAR — Lebih dari 20.000 warga Kota Ambon mulai memadati Stadion Mandala Karang Panjang, Ambon, tempat berlangsungnya pembukaan Pesta Paduan Suara Gerejawi (Pesparawi) ke-11 tingkat nasional, Selasa (6/10/2015) malam.

Ribuan tamu undangan ini mulai memadati stadion tersebut sejak sore tadi. Tampak juga sejumlah pejabat daerah, seperti Wagub Maluku Zeth Sahuburua dan sejumlah pejabat lainnya, telah berada di panggung utama lokasi pembukaan Pesparawi.

Selain para tamu undangan, sebanyak 8.000 peserta dari seluruh Indonesia juga telah berada di Stadion Mandala Karang Panjang. Banyaknya warga dan tamu undangan yang hadir membuat stadion terasa sesak. Hingga berita ini diunggah, pembukaan Pesparawi oleh Presiden Joko Widodo belum dilakukan.

Meski demikian, suasana Pesparawi sangat terasa di lokasi pembukaan. Berbagai lagu gerejawi dan tarian serta puji-pujian hingga kini masih terus dikumandangkan. Sesekali ribuan warga yang memadati stadion bersorak sorai setelah sejumlah lagu asal daerah Maluku dibawakan.

Suasana di dalam stadion juga dirancang khusus dengan sistem pencahayaan yang canggih. Hal itu membuat suasana stadion tampak gemerlap dengan kemilau warna-warni cahaya. Sementara di luar stadion, ribuan warga juga tampak berdesak-desakan.

Untuk mengamankan jalannya pembukaan Pesparawi ini, ribuan personel TNI dan Polri berjaga di berbagai sudut stadion hingga di dalam stadion tempat berlangsungnya pembukaan acara. Ribuan warga dan undangan yang memasuki stadion bahkan harus menjalani pemeriksaan ketat. Berbagai barang bawaan juga diperiksa dan setiap orang harus melewati metal detector sebelum masuk ke dalam stadion.

Semua penginap peserta Pesparawi dijaga ketat

Pengamanan ketat digelar aparat kepolisian di Kota Ambon dalam rangka mengamankan para peserta Pesta Paduan Suara Gerejawi (Pesparawi) tingkat nasional XI. Salah satunya adalah dengan menempatkan pos pengamanan di setiap hotel dan penginapan tempat para peserta Pesparawi menginap.

Berdasarkan pantauan Kompas.com, Selasa (6/10/2015), di setiap penginapan dan hotel itu sejumlah polisi tampak berjaga tepat di depan pintu masuk penginapan. Selain polisi, di setiap hotel dan penginapan juga disiagakan petugas kesehatan dan anggota panitia Pesparawi.

Dalam pengamanan ini, aparat juga dibantu sejumlah organisasi kepemudaan dari FKPPI. Pengamanan tersebut telah dilakukan sejak para peserta tiba di Ambon dan menempati penginapan dan hotel.

Untuk mengamankan kelancaran Pesparawi Nasional di Ambon, jajaran TNI/Polri di daerah itu menyiagakan sekitar 2.291 personelnya. Selain disebar di penginapan dan hotel tempat menginap peserta, aparat gabungan TNI/Polri juga akan disebar ke sejumlah titik di Kota Ambon termasuk di lokasi-lokasi tempat berlangsungnya perlombaan.

 

1097 Total Views 2 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *