Gubernur Lampung : Peringatan HKN ke-51, momen untuk memberi makna pada masyarakat akan pentingnya kesehatan

Gubernur Lampung M.Ridho Ficardo dalam acara memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-51 di Halaman Dinas Kesehatan Provinsi Lampung, Jum'at (20/11/2015).

Gubernur Lampung M.Ridho Ficardo dalam acara memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-51 di Halaman Dinas Kesehatan Provinsi Lampung, Jum’at (20/11/2015).

BANDAR LAMPUNG, RADIO SUARA WAJAR — Masalah kesehatan bukan hanya masalah mengobati orang sakit, tetapi merupakan modal dasar untuk maju, sejahtera, serta menciptakan bibit-bibit unggul Sumber Daya Manusia di Provinsi Lampung. Yakni dengan memenuhi kecukupan akan kebutuhan kesehatan masyarat di Provinsi Lampung.

Demikian disampaikan Gubernur Lampung M.Ridho Ficardo dalam acara memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-51 dengan tema “Generasi Cinta Sehat Siap Membangun Negeri”, di Halaman Dinas Kesehatan Provinsi Lampung, Jum’at (20/11/2015).

Diinformasikan oleh Karo Humas dan Protokol Bayana, gubernur menambahkan Peringatan HKN ke 51 ini merupakan momen untuk berbagi tantangan dan menguatkan komitmen, meningkatkan tekad dan semangat. Yakni untuk lebih memberi makna pada masyarakat akan pentingnya kesehatan. Semangat melayani, semangat menggerakkan, semangat untuk mampu menangkap aspirasi masyarakat, semangat memandirikan dan memberdayakan, dalam pencapaian derajat kesehatan harus menjadi konsep pembangunan kesehatan.

“Diperlukan kerjasama baik lintas program maupun lintas sektor. Yang melibatkan akademisi, kepala daerah, pelaku usaha, organisasi masyarakat dan lain sebagainya. Ini sebagai tanggung jawab   bersama   akan masa depan bangsa. Khususnya terhadap kualitas sumberdaya manusia yang mampu bersaing dengan bangsa   lain mengingat akan dimulainya Masyarakat Ekonomi ASEAN”, tambahnya.

Dalam kesempatan yang sama Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung Reihana menjelaskan, Program Prioritas Pembangunan Kesehatan pada periode 2015 – 2019 diantaranya melakukan percepatan penurunan kematian ibu dan kematian bayi dan perbaikan gizi khususnya stunting.

“Di samping itu juga memperhatikan penurunan prevalensi   penyakit akibat   infeksi. Selain itu pencegahan   penyakit tidak menular  melalui   perubahan perilaku keluarga, dan masyarakat. Khususnya dalam pengenalan diri terhadap risiko penyakit”, jelasnya.

Reihana menambahkan,Dinas Kesehatan juga melakukan berbagai rangkaian kegiatan dalam rangka memperingati HKN ke -51. Diantaranya seminar kesehatan serta pemberian penghargaan kepada Tenaga Kesehatan Teladan yang tersebar di kabupaten/kota se-Provinsi Lampung.

“Penghargaan kepada Tenaga Kesehatan Teladan Provinsi Lampung Tahun 2015 diberikan kepada Kategori Tenaga Medis, Tenaga Keperawatan, Tenaga Kesehatan Masyarakat dan Tenaga Gizi yang berasal dari kabupaten/kota se-Provinsi Lampung”, tambahnya.

Ditambahkan Kabag Humas Heriyansya, hadir Dalam Puncak Peringatan Hari Kesehatan Nasional Ke-51 ini, Wakil Ketua I DPRD Provinsi Lampung Toto Herwantoko, Asisten Bidang Kesejahteraan Rakyat Pemerintah Provinsi Lampung Elya Muchtar, para Kepala SKPD di Lingkungan Pemerintah Provinsi Lampung serta perwakilan dari Dinas Kesehatan dari kabupaten/kota se Provinsi Lampung.***

Reporter : Robert

962 Total Views 1 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *