Kaukus Perempuan Parlemen Provinsi Lampung, Apa itu?

Sekjen KPP RI Irma Suryani Chaniago saat melantik Pengurus Kaukus Perempuan Parlemen Provinsi Lampung masa bakti 2015–2019 di Balai Keratun Kantor Gubernur Provinsi Lampung, Rabu (18/11).

Sekjen KPP RI Irma Suryani Chaniago saat melantik Pengurus Kaukus Perempuan Parlemen Provinsi Lampung masa bakti 2015–2019 di Balai Keratun Kantor Gubernur Provinsi Lampung, Rabu (18/11).

BANDAR LAMPUNG, RADIO SUARA WAJAR — Gubernur Lampung M. Ridhho Ficardo sangat mendukung visi kaukus perempuan Parlemen Republik Indonesia untuk mengupayakan terciptanya tatanan, relasi sosial, dan pola prilaku yang kondusif, sehingga dapat mewujudkan kehidupan yang demokratis, menghargai keberagaman, bebas dari diskriminasi, kesetaraan dan keadilan.

Hal tersebut dikatakan oleh Sekretaris Daerah Provinsi Lampung Arinal Djunaidi saat mewakili Gubernur pada acara Pelantikan Pengurus Kaukus Perempuan Parlemen Provinsi Lampung masa bakti 2015–2019. Berdasarkan Surat Keputusan Pimpinan Pusat Kaukus Perempuan Republik Indonesia (KPP RI) No.03/SK–KPP RI/X/2015, yang dilantik dan diambil sumpah secara langsung oleh Sekjen Kaukus Perempuan Parlemen Republik Indonesia Irma Suryani Chaniago di Balai Keratun Kantor Gubernur Provinsi Lampung, Rabu (18/11).

Selanjutnya dalam acara yang juga sekaligus melaunching website resmi Kaukus Perempuan Parlemen Provinsi Lampung, Sekprov juga menegaskan, sudah saatnya Perempuan Parlemen Provinsi Lampung memiliki peran yang strategis dalam menangani masalah perempuan, dan juga masalah sosial kemasyarakatan lainnya. “Diharapkan Kaukus Perempuan dapat berjalan bersama Pemerintah dan semua elemen terkait untuk berperan aktif dalam kemajuan masyarakat Lampung,” kata Sekda.

Lebih lanjut Sekda meminta Kaukus perempuan ikut serta mensukseskan Pemilihan Kepala Daerah secara serentak pada tanggal 9 Desember mendatang. Antara lain dengan memberikan motivasi dan edukasi kepada kaum perempuan untuk menggunakan hak pilihnya dan tidak menjadi golput.

Setelah melantik pengurus Kaukus Perempuan Parlemen Provinsi Lampung, Sekjen KPP RI Irma Suryani Chaniago menyampaikan penghargaan dan apresiasi yang setinggi tingginya atas keberadaan Kaukus Perempuan Parlemen Provinsi Lampung sebagai kepengurusan yang paling solid di indonesia.

Ia juga menyampaikan harapan kepada Perempuan Parlemen Provinsi Lampung untuk meningkatkan jumlah keterwakilan perempuan dalam parlemen yang saat ini berjumlah 96 orang, menjadi lebih banyak lagi di masa mendatang. Selain peningkatan kuantitas Sekjen KPP RI juga berharap Perempuan Parlemen Provinsi Lampung meningkatkan kualitas masing – masing individu agar manjadi perempuan yang mampu berperan dalam kancah politik sebagai politikus yang mumpuni, memiliki kemampuan, di bidang budgeting, berkomunikasi politik yang baik, dan manjadi media darling.

Dalam acara yang dihadiri oleh Ketua KPP provinsi Lampung, Pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Lampung dan Ketua Fraksi, Komisioner KPU, Para Ketua dan perwakilan dari organisasi Perempuan, Para Pimpinan Lembaga Vertikal, dan pejabat eselon II di lingkungan Pemerintah Provinsi Lampung.

Ketua Kaukus Perempuan Provinsi Lampung Ririn Kuswantari dalam sambutannya menyampaikan bahwa kaukus Perempuan Parlemen Provinsi Lampung akan bersinergi secara internal dan eksternal dengan semua pemangku kepentingan, tetapi yang terpenting adalah bersinergi dengan rakyat.

Meskipun diakui, lanjut Ririn, saat ini keterwakilan Perempuan dalam parlemen belum mencapai 30%, namun itu tidak dijadikan halangan bagi Kaukus Perempuan Provinsi Lampung untuk menyerap aspirasi rakyat, dan terus mengusulkan program yang responsif gender dengan bersinergi secara kegiatan dan regulasi dengan Pemerintah Daerah.

Diharapakan Ketua Kaukus Perempuan Provinsi Lampung, Kaukus Perempuan Parlemen dan pemerintah dimasa mendatang dapat mewujudkan lebih banyak lagi program yang responsif gender, serta menghindari program–program yang bias gender.***

Reporter : Robert

1063 Total Views 1 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *