Semangat Tinggi Bawa SMA Fransiskus Jawara

w750_h400px__1442408001BANDAR LAMPUNG, RADIO SUARA WAJAR – Semangat disiplin dan rajin latihan, komitmen itulah yang menghantarkan SMA Fransiskus Bandar Lampung merebut juara umum Kejuaraan Renang Rektor Universitas Lampung (Unila) Cup Provinsi Lampung 2015 dalam rangka dies natalis perguruan tinggi tersebut beberapa waktu lalu. Sebuah prestasi luar biasa yang disumbangkan 8 siswanya dengan total meraih 22 piala. Terdiri 19 piala dari kategori umum dan 3 piala sebagai perenang terbaik.

Masing-masing sebagai perenang terbaik untuk kategori putra kelompok umur I atas nama Andreas Jodi, siswa kelas XI, IPA dengan 4 emas. Kemudian terbaik putri kelompok umur satu atas nama Maria Angelina Djohan, siswi kelas XII IPA dengan 4 emas. Kemudian perenang terbaik kelompok umur dua atas nama Danny Fareza, siswa kelas X, IPA. dengan 4 emas.

“Jadi total siswa kami mengantongi 12 emas, 7 perak, dan 3 perunggu,” kata guru Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (Penjaskes) yang juga pembina ekstra kurikuler renang SMA Fransiskus Bandar Lampung Martinus Ryan, baru-baru ini sambil menyebutkan mereka meraih juara renang dalam 4 gaya, yakni gaya kupu-kupu, bebas, punggung, dan dada.

Ia mengakui untuk memperoleh prestasi tersebut tidaklah mudah. Perlu kerjasama yang baik antarpembina dengan sesama atlet, juga disiplin yang tinggi saat latihan. “Jika mau jadi juara, kuncinya adalah terus semangat, berjuang terus dan rajin latihan,” tutur Martinus.

Ia menjelaskan untuk meraih prestasi, siswanya sudah mempersiapkan secara matang dengan latihan rutin dua kali seminggu. Apalagi selain ekskul renang di sekolah, mereka juga belajar sendiri ataupun mengikuti klub. “Anak-anak kami memang sudah terlatih. Jadi sekolah tinggal memantangkan saja. Kami hanya latihan 3 minggu sebelum perlombaan,” ujar dia sambil menjelaskan jika siswanya memang sudah berbakat. Bahkan, salah satu siswanya Andreas Jodi masuk di sekolahnya lewat jalur prestasi renang.

Kepala SMA Fransiskus Bandar Lampung Sr. M. Pauli, F.S.G.M. mengaku bersyukur dengan prestasi yang telah diperoleh siswanya. Ia berharap prestasi tersebut dapat memotivasi siswa lain menggali potensi dan berkarya dengan mengikuti even-even baik lokal maupun nasional.

“Kami akan terus mengoptimalkan dan mengembangkan agar siswa berprestasi lebih baik lagi,” ujarnya sambil mengapresiasi para siswanya yang mampu menggungguli SMA Olahraga di Metro (juara II) dan SMA 4 Bandar Lampung (juara III) dalam lomba renang yang diikuti 284 peserta tersebut.

Ia menjelaskan di sekolahnya memiliki banyak ekskul di bidang olahraga. Di antaranya basket, futsal, voli, atletik, bulu tangkis, dan lain-lain yang telah banyak menorehkan prestasi. Bahkan baru-baru siswanya juga meraih juara wushu tingkat nasional dengan meraih perak dan perunggu yang digelar Sana Wushu Saburai, Agustus lalu.

Ia pun bersyukur para siswanya yang ekskulnya menonjol mayoritas secara akademik prestasinya baik. Mengingat mereka mengikuti ekskul di luar jam sekolah sehingga tidak mengganggu pelajaran. “Tidak masalah anak-anak mayoritas secara akademik prestasinya baik. Sehingga ada keseimbangan antara akademik dan non akademik,” ujarnya.

 

1399 Total Views 1 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *