Ini Dia Tips Gemes (Gerakan Mengemudi Sehat) Dinkes Lampung

Asih Hendrastuti dalam wawancaranya dengan Radio Suara Wajar di kantornya beberapa waktu lalu.

Asih Hendrastuti dalam wawancaranya dengan Radio Suara Wajar di kantornya beberapa waktu lalu.

BANDAR LAMPUNG, RADIO SUARA WAJAR — Jelang arus balik lebaran 2015,  Dinas Kesehatan Provinsi Lampung release “Tips Gemes”. Humas Dinas Kesehatan Prov. Lampung dr. Asih Hendrastuti, M.Kes dalam release yang diterima Radio Suara Wajar Sabtu (18/07) menjelaskan, Gemes adalah kepanjangan dari gerakan mengemudi sehat.

Asih dalam releasenya itu juga menyebut, Dinas Kesehatan Provinsi Lampung telah membentuk posko pelayanan sebanyak 63 Posko selama 16 hari (H-7 s.d H+7). “Posko yang didirikan Provinsi berada di pelataran parkir Hotel Nusantara (Begadang V), Jl. Raya Soekarno – Hatta, Kali Balok, Antasari, Bandar Lampung berupa Pelayanan Pijat Akupressure dan Akupunktur pada jam00 – 15.00 WIB serta Memberdayakan RS Keliling (Mobile Clinic) untuk mendukung posko pelayanan yang ada” jelas Asih.

Dikatakan dr. Asih, Posko Pelayanan Pijat Akupressure dan Akupunktur ini bertujuan untuk mengurangi angka kecelakaan akibat kelelahan dalam perjalanan mudik. “Petugas yang disiapakan di poski tersebut sebanyak 4 orang, 1 orang petugas Puskesmas yang sudah dilatih, 2 orang terapis akupressure, dan 1 orang dari PAKSI (Persatuan Akupuntur Seluruh Indonesia) serta didampingi dan diawasi oleh Dinas Kesehatan Provinsi Lampung serta dokter dari Rumah Sakit Abdul Moeloek” pungkas Asih.

Berikut Tips Gemes Dinas Kesehatan Provinsi Lampung :
1. Siapkan fisik yang sehat dan prima sebelum mudik.
2. Gunakan masker dan lindungi diri anda dari asap, debu dan polusi..
3. Cuci tangan pakai air sabun dan air mengalir sesering mungkin.
4. Konsumsi makanan dan minuman yang bersih dan layak, perbanyak makan buah dan sayur.
5. Tidak memakai narkoba atau minuman keras ketika mengemudi.
6. Tidak buang air kecil/besar sembarangan gunakan dan jaga toilet umum agar bersih, sehat, dan nyaman serta buang sampah pada tempatnya.
7. Beristirahat tiap 4 jam perjalanan, jangan memaksakan mengemudi bila lelah/mengantuk. Manfaatkan posko kesehatan atau tempat istirahat untuk bisa melakukan olah raga kecil dan bisa melakukan gerakan relaksasi khususnya kaki, tangan dan leher.
8. Jangan lupa membawa obat-obatan sederhana antara lain obat anti diare, obat sakit kepala, obat anti alergi, obat anti mual-muntah khususnya untuk mencegah mabuk perjalanan serta obat sakit maag.
9. Jangan lupa membawa obat2 rutin dikonsumsi untuk penderita penyakit kronis misal penderita kencing manis, hipertensi, penderita asma, kolesterol tinggi dan asam urat.
10. Disiplin dan patuhi rambu – rambu lalu lintas. Kurangi kecepatan kendaraan anda saat turun hujan/cuaca buruk. Waspada kondisi jalan sempit, bergelombang atau rusak. Periksa kondisi kelayakan kendaraan Kendaraan tidak melebihi muatan dan tidak menyalahi peruntukan kendaraan (pilihlah kendaran yang tepat).
11. Berhati-hatilah dan selalu waspada agar terhindar dari kejahatan selama dalam perjalanan.***

Reporter : Robert

749 Total Views 1 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *