Umat Islam Iran Pakai Batu Akik Berbeda Tiap Hari

Sejumlah pengunjung berada di salah satu anjungan pada pameran dan bursa batu akik di Batam, Jumat (23/1).

Umat Islam Iran Pakai Batu Akik Berbeda Tiap Hari

Jakarta, Okezone.com – Peneliti pusat studi Islam di Iran Islam Quest, Muhammad Hasan, menjelaskan orang Iran menggunakan cincin akik menurut hari berdasarkan riwayat-riwayat ahlulbait (keluarga Nabi Muhammad SAW).

Hasan yang sedang menimba ilmu Alquran di Universitas Internasional Mustafa di Qom, Iran mengungkapkan, pada hari Senin, cincin yang dipakai adalah jenis Yamani. Orang yang mengenakan cincin akik Yamani dianjurkan banyak membaca zikir.

Menurut Hasan, batu akik Yamani dipercayai dapat melapangkan rezeki dan keberkahan di samping untuk kemudahan hidup. “Pemimpin Revolusi Iran Imam Khamenei lebih senang menggunakan cincin akik Yamani kuning dengan rajahan Syarafusy,” kata dia.

Pada hari Selasa, Hasan menjelaskan, penggemar cincin akik dianjurkan mengenakan batu Zabarjad (Peridot) yang keutamaannya menjauhkan kefakiran dan membantu solusi atas kesulitan-kesulitan hidup. Bila menggunakan batu ini, jangan lupa untuk terus berzikir.

Hari Rabu, cincin yang dianjurkan untuk dipakai adalah cincin Yakut (Rubi). Fadhilah atau manfaat menggunakan cincin Yakut adalah menjauhkan kefakiran, memberikan ketenangan, dan menghilangkan rasa susah, kata Hasan. Dia mengingatkan, seperti penggunaan cincin pada hari Senin dan Selasa, si pengguna juga diharapkan senantiasa berzikir.

Di hari Kamis, Hasan mengatakan batu akik yang dianjurkan adalah cincin Pirus yang bermanfaat untuk mempermudah pekerjaan yang sulit, memperkuat pandangan hati, memberikan ketenangan jiwa, dan menjauhkan penggunanya dari kefakiran.

Sementara, untuk hari Jumat, kenakan cincin Hadid Shini yang diyakini dapat menangkal marabahaya, menghilangkan rasa takut dan khawatir. Batu ini juga dipercaya dapat menjaga pemakainya dari musuh dan setan, ungkap Hasan.

“Cincin Hadid Shini ini sangat baik untuk dipakai oleh mereka yang memiliki mental lembek baik dalam mengutarakan pendapat maupun berdebat. Bahkan dalam sejarahn, Imam Ali ketika pergi berperang senantiasa menggunakan cincin Hadid Shini,” kata Hasan.

Lalu, kata Hasan, untuk Sabtu dianjurkan memakai akik Yamani yang keutamaannya adalah menggandakan pahala salat, mempercepat pengabulan doa, menjaga dari segala musibah dan bahaya dalam perjalanan.

Untuk Ahad, ujar Hasan melanjutkan, dianjurkan mengenakan cincin Durrun Najaf yang dipercaya bermanfaat meudahkan memperoleh pahala haji. Saat mengenakan cincin Durrun Najaf, penggunanya diharapkan senantiasa membaca zikir.

Berikut jadwal penggunaan batu akik yang dianjurkan:

Senin: Yamani

Selasa: Zabarjad (Peridot)

Rabu: Yakut (Rubi)

Kamis: Pirus

Jumat: Hadid Shini

Sabtu: Yamani

Minggu: Durrun Najaf

1137 Total Views 1 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *