Pemprov Lampung Lakukan Uji Publik PTO Gerbang Desa

pembukaan Uji Publik PTO Gerbang Desa Saburai di  Universitas Lampung, Selasa (01/03/2016).

Pembukaan Uji Publik PTO Gerbang Desa Saburai di Universitas Lampung, Selasa (01/03/2016).

BANDAR LAMPUNG, RADIO SUARA WAJAR — Kegiatan Uji Publik Petunjuk Teknis Operasional (PTO) Gerbang Desa diharapkan dapat memberikan masukan dan saran membangun terkait pelaksanaan program Gerakan Membangun (Gerbang) Desa Saburai Provinsi Lampung Tahun 2016. Demikian disampaikan oleh Asisten Bidang Kesra Elya Muchtar pada acara pembukaan Uji Publik PTO Gerbang Desa Saburai di Unila, Selasa (01/03/2016).

Pada sambutan Asisten Bidang Kesra sekaligus Ketua Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Daerah (TKPKD) Elya Muchtar menjelaskan, dalam rangka percepatan penanggulangan kemiskinan, maka Pemerintah Provinsi Lampung telah melaksanakan Program Gerbang Desa Saburai.

Menurutnya, program ini dalam rangka meningkatkan kerjasama dan peran aktif masyarakat dalam berbagai bidang pembangunan dan penguatan persatuan dan kesatuan masyarakat berdasarkan semangat kekeluargaan dan kegotongroyongan. Selain itu penyelenggaraan Gerbang Desa Saburai adalah salah satu upaya untuk memperkecil kesenjangan pembangunan antar wilayah/desa di Provinsi Lampung.

Adapun hal yang dilakukan adalah dengan mengembangkan strategi yang menggabungkan antara perencanaan pembangunan partisipatif masyarakat dan perencanaan pembangunan Pemerintah Provinsi Lampung. Hal ini sejalan dengan tujuan penyelenggaraan otonomi daerah adalah meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan pelayanan, pemberdayaan dan peranserta masyarakat.

“Untuk itu, agar kebijakan program pembangunan ini dapat berjalan dengan baik dan terarah perlu disusun PTO sebagai landasan dan dasar dalam rangka pelaksanaan program Gerbang Desa Saburai Provinsi Lampung Tahun 2016,” jelasnya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Penyusunan PTO Gerbang Desa Ambya menjelaskan bahwa ruang lingkup kerjasama antara Pemerintah Provinsi Lampung dan Unila dalam membuat PTO diantaranya menyusun Juknis Gerbang Desa Saburai, rapat pembahasan awal di lingkup tim LPPM Unila dan melaksanakan FGD tim LPPM UNILA dengan Pemprov Lampung.

“Selain itu juga Melaksanakan uji publik PTO gerbang desa dengan melibatkan SKPD Provinsi dan SKPD Kabupaten terkait yang dilaksanakan pada hari ini,” ujarnya.

Ditambahkan Kabag Humas Heriyansyah, pada kesempatan ini turut hadir sejumlah Kepala SKPD terkait di Lingkungan Pemerintah Provinsi Lampung, Ketua LPPM Universitas Lampung, Kepala Bappeda se-Provinsi Lampung, Kepala BPMPD se-Provinsi Lampung, Para Kepala Desa Lokasi Gerbang Desa serta Para Fasilitator Gerbang Desa Saburai.***

Reporter : Robert

759 Total Views 1 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *