Penumpang yang Menyeberang Ke Pelabuhan Bakauheni Mulai Ramai

b9erQMi9nZRADIO SUARA WAJAR – Penumpang Pelabuhan Merak yang hendak menyeberang menuju Pulau Sumatra mulai ramai sehubungan memasuki liburan sekolah, Natal dan Tahun Baru 2016.

“Kami memprediksi penumpang pejalan kaki dan kendaraan pribadi meningkat tiga hari terakhir,” kata Kepala Bagian Humas PT Angkutan Sungai Danau Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry Cabang Merak, Mario Sardadi Oetomo, di Merak, seperti dilansir Antara, Selasa (22/12/2015).

Penumpang yang menyeberang ke Pelabuhan Bakauheni, Lampung, kebanyakan berasal dari Jakarta, Tangerang, Bekasi dan Bandung. Para penumpang yang terdiri dari pejalan kaki dan kendaraan pribadi memadati Pelabuhan Merak sejak sore hingga malam ini.

Bahkan, lima dermaga Pelabuhan Merak dipadati mobil pribadi dan sepeda motor. Antrean kendaraan di dermaga tersebut sempat terganggu karena cuaca buruk di Perairan Selat Sunda hingga kapal lama bersandar dan mengalami keterlambatan.

Namun, penyeberangan Pelabuhan Merak-Bakauheni berjalan lancar tanpa hambatan maupun kendala. ASDP terus membenahi sekitar Pelabuhan Merak guna memberikan pelayanan terhadap masyarakat yang menggunakan jasa penyeberangan.

Pembenahan itu untuk memberikan kelancaran arus lalu lintas, kenyamanan, ketertiban dan keselamatan. Saat ini, kata dia, jumlah penumpang liburan sekolah,natal dan tahun baru terjadi kenaikan signifikan.

Saat ini, rata-rata penumpang pejalan kaki 6.800 sampai 7.000 orang, mobil pribadi 3.900 unit, sepeda motor 850 unit per hari. Padahal, sebelumnya penumpang pejalan kaki 4.000 orang, kendaraan pribadi 1.200 unit dan sepeda motor 350 unit.

“Penyeberangan Merak-Bakauheni beberapa hari terakhir didominasi mobil pribadi dan sepeda motor,” kata Mario.

ASDP mengoperasi kapal roll on roll of atau roro sebanyak 25 armada sehingga penyeberangan Pelabuhan Merak-Bakauheni mencapai 90 perjalanan. Karena itu, kondisi Pelabuhan Merak berjalan lancar dan semua kendaraan yang masuk ke dermaga bisa diseberangkan.

“Kami terus bekerja keras agar Pelabuhan Merak berjalan lancar,” katanya.

Manager Usaha PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Merak, Nana Sutisna, mengatakan selama tiga hari terakhir volume penumpang mengalami peningkatan sehingga petugas di lapangan bekerja keras untuk pengaturan lalu lintas.

“Saya prediksikan penumpang terus melonjak selama liburan sekolah, Natal dan Tahun Baru,” katanya.

 

1210 Total Views 1 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *