Demi Wujudkan Keamanan dan Ketahanan Pangan Gubernur Lampung Buat Tim

Asisten Bidang Kesra Elya Muchtar (tengah) dan Kepala Badan Ketahanan Pangan Daerah Ir. Kusnardi (kanan) saat Rapat Koordinasi Pengawasan Pangan Segar di ruang rapat asisten, Rabu (2/12/2015).

Asisten Bidang Kesra Elya Muchtar (tengah) dan Kepala Badan Ketahanan Pangan Daerah Ir. Kusnardi (kanan) saat Rapat Koordinasi Pengawasan Pangan Segar di ruang rapat asisten, Rabu (2/12/2015).

BANDAR LAMPUNG, RADIO SUARA WAJAR — Gubernur Lampung M. Ridho Ficardo membentuk Tim Koordinasi Jejaring Keamanan Pangan dalam rangka mewujudkan keamanan pangan dan ketahanan pangan di Provinsi Lampung. Pembentukan Tim ini berdasarkan SK Gub No. G/564/II.06/HK/2015. Demikian disampaikan oleh Asisten Bidang Kesra Elya Muchtar dalam Rapat Koordinasi Pengawasan Pangan Segar di ruang rapat asisten, Rabu (2/12/2015).

“Ketahanan Pangan di Provinsi Lampung yaitu kondisi terpenuhinya dan tersedianya pangan yang cukup baik jumlah maupun mutunya, aman, merata dan terjangkau oleh masyarakat di Provinsi Lampung”, jelasnya.

Dalam kesempatan yang sama Kepala Badan Ketahanan Pangan Provinsi Lampung Kusnardi menjelaskan dalam rangka menjamin keamanan pangan, pemerintah telah menerbitkan serangkaian ketentuan. Yakni kewenangan satker dalam penanganan keamanan pangan sudah dibagi secara jelas antara pangan segar, pangan olahan, pangan kemasan dan pangan siap saji.

“Penanganan keamanan pangan olahan dan pangan kemasan merupakan tanggung jawab BPOM, penanganan pangan siap saji merupakan tanggung jawab Kementerian Kesehatan dan Penanganan keamanan pangan segar merupakan kewenangan Kementerian Pertanian”, jelasnya.

Lebih lanjut Kusnardi menambahkan, saat ini kondisi keamanan pangan di Provinsi Lampung. Dari hasil pemantauan Pangan Segar selama Tahun 2015 masih perlu dipantau. Hal ini guna mengantisipasi beredarnya buah-buahan dan sayuran yang mengandung formalin serta ditemukan pangan yang kadaluarsa.

Ditambahkan oleh Kabag Humas Heriyansyah dalam mengatasi hal tersebut Tim Jejaring Provinsi Lampung akan melakukan inspeksi mendadak (Sidak) ke pasar tradisional dan pasar modern yang ada diBandar Lampung serta melakukan pembinaan secara berkelanjutan terhadap pedagang, petani dan produsen terkait mutu dan keamanan pangan sesuai dengan tupoksi dari masing-masing satker.

Rapat ini dihadiri oleh sejumlah SKPD dan lembaga terkait lainnya di Lingkungan Pemerintah Provinsi Lampung.***

Reporter : Robert

806 Total Views 1 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *