Gubernur Buka Pelatihan Kapasitas Aparatur Pemerintah Desa Tahun 2015

Gubernur Lampung M. Ridho Ficardo (tengah) pada acara Pembukaan Pelatihan Kapasitas Aparatur Pemerintah Desa Tahun 2015, di Hotel Emersia, Senin (26/10/2015).

Gubernur Lampung M. Ridho Ficardo (tengah) pada acara Pembukaan Pelatihan Kapasitas Aparatur Pemerintah Desa Tahun 2015, di Hotel Emersia, Senin (26/10/2015).

BANDAR LAMPUNG, RADIO SUARA WAJAR — Pemerintah Provinsi Lampung mengalokasikan dana ratusan juta dalam Program Gerakan Membangun (Gerbang) desa pada tahun 2015 dan 2016.

Demikian disampaikan Gubernur Lampung M. Ridho Ficardo pada acara Pembukaan Pelatihan Kapasitas Aparatur Pemerintah Desa Tahun 2015, di Hotel Emersia, Senin malam (26/10/2015).

“Pemerintah Provinsi Lampung sangat mendukung percepatan pembangunan desa melalui Program Gerbang Desa.Tahun 2015 dengan alokasi dana sebesar seratus juta rupiah untuk tiga puluh Desa. Selanjutnya tahun 2016 dengan alokasi dana tiga ratus juta rupiah untuk seratus desa se-Provinsi Lampung”, jelasnya.

Diinformasikan oleh Karo Humas dan Protokol Bayana dengan didampingi Kabag Humas Heriyansyah, dalam kesempatan tersebut Gubernur mengatakan, pelatihan ini merupakan upaya untuk Peningkatan kapasitas aparatur desa. Yakni menyelenggarakan tata kelola pemerintahan desa guna mewujudkan pemerintahan desa yang profesional, efisien, efektif, terbuka dan bertanggung jawab.

“Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan sikap aparatur pemerintahan desa, pengelola program dan aparatur pemerintah kecamatan yang berkaitan dengan upaya peningkatan kualitas pelayanan dan penyelenggraan pemerintahaan desa”, tambahnya.

Menurut Dirjen Bina Pemerintahan Desa Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia Nata Irawan, pelatihan ini merupakan suatu upaya untuk meningkatkan kualitas penyelenggaraan tata kelola pemerintahan desa guna mengikuti perkembangan zaman yang semakin pesat.

“Sehubungan dengan hal tersebut akan dibahas dan dilatihkan berbagai hal yang terkait dengan kompetensi peningkatan tata kelola desa yang meliputi : Manajemen Pemerintahan Desa, Perencanaan Pembangunan Desa, Pengelolaan Keuangan Desa dan penyusunan Produk Hukum Desa”, ujarnya

Ditambahkan Kepala BPMPD Prov. Lampung Yudha Setiawan pelatihan ini diikuti oleh kurang lebih tujuh ribu tujuh ratus lima puluh.

Peserta terdiri dari unsur pemerintah desa serta unsur pemerintah kabupaten/kota di kecamatan. Pelatihan akan dimulai sejak 28 Oktober sampai dengan 4 Desember 2015.

Dalam acara ini juga turut diumumkan pemenang lomba desa/kampung/pekon dan kelurahan tingkat Provinsi Lampung. Dimana juara satu untuk kategori desa diraih oleh Desa Taman Cari Kecamatan Purbolinggo Kabupaten Lampung Timur sedangkan untuk kategori kelurahan diraih oleh Kelurahan Bukit Kemuning Kecamatan Bukit Kemuning Kabupaten Lampung Utara.

“Pemenang lomba akan diikutsertakan untuk mewakili Provinsi Lampung dalam Penilaian Perlombaan Desa dan Kelurahan Tingkat Nasional Tahun 2015″, jelas Bayana.***

Reporter : Robert

 

840 Total Views 1 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *