25 Lapangan Futsal akan Dibangun di Surabaya, Salah Satunya di Eks Lokalisasi

futsald

25 Lapangan Futsal akan Dibangun di Surabaya, Salah Satunya di Eks Lokalisasi

Surabaya, detiknews.com – Futsal sudah menjadi salah satu olahraga favorit bagi warga metropolis seperti Kota Surabaya. Hal tersebut direspon cepat Pemerintah Kota (Pemkot) dengan membangun 39 lapangan futsal dan lapangan olahraga lain sebagai salah satu fasilitas umum.

Data Dinas Pemuda dan Olahraga (dispora) Kota Surabaya sejak 2011 hingga 2014 sebanyak 39 lapangan futsal, 19 lapangan sepakbola, 51 lapangan basket, 65 lapangan voli, 7 lapangan bulutangkis, 2 lapangan tenis dan 4 arena panjat tebing yang semua dibangun di atas lahan milik pemkot.

Menurut Kabid Olahraga dan Prestasi Dispora Surabaya, Edi Santoso, seluruh fasilitas umum berupa lapangan olahraga banyak dibangun di taman-taman kota. “Tahun ini, akan dibangun lagi sebanyak 25 lapangan futsal yang diharapkan rampung hingga akhir tahun,” ungkap Edi, Jumat (24/4/2015).

Dari 39 lapangan futsal yang dibangun, lima diantaranya rumput sintetis yang ada di Taman kunang-kunang Jalan Teratai, Taman Mayangkara, Taman Ronggolawe dan Taman Jangkar.  “Semuanya gratis dan bebas digunakan warga yang ingin memanfaatkan lapangan tersebut,” terang Edi.

Sedangkan 25 lapangan futsal yang akan dibangun tahun ini diutamakan di wilayah eks lokalisasi. Salah satunya, lapangan futsal di Putat Jaya yang sudah diajukan melalui perubahan anggaran keuangan (PAK). Bahkan dua lapangan di eks lokalisasi Dupak Bangunsari sudah tahap proses lelang.

“Pembangunan fasilitas lapangan olahraga di kawasan eks lokalisasi merupakan bagian dari upaya revitalisasi dan alih fungsi yang diharapkan dengan adanya fasilitas umum, kualitas manusia di wilayah tersebut menjadi lebih baik serta anak anak disana mempunyai tempat yang positif untuk menyalurkan hobi,” ungkapnya.

Bagaimana dengan pemeliharaan lapangan futsal yang dalam penggunaanya gratis? Edi mengaku pihaknya sudah mengantispasi tersebut dengan membentuk satuan kerja (satker) khusus yang beranggotakan 10 orang.

“Satker ini tiap hari keliling. Kalau ada yang rusak dan kotor, maka mereka akan langsung mengambil tindakan pembenahan dan pembersihan,” tutup Edi.

787 Total Views 1 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *