Hamil dalam Kondisi Finansial Terbatas, Apa yang Harus Dilakukan?

RADIO SUARA WAJAR – Wanita mana yang tidak bahagia saat mengetahui bahwa diri sedang mengandung? Pastinya, sangat bahagia.

Namun, bagaimana jika kehamilan di luar rencana karena kondisi keuangan keluarga sedang minim? Anda tidak perlu bersedih hati.

Berikut beberapa kiat yang diungkapkan oleh Fiona Lippey, Pakar Keuangan,  untuk menjaga anggaran tetap seimbang menjelang kelahiran sang buah hati:

  1. Jangan impulsif

Hindari mengunjungi butik perlengkapan bayi saat kehamilan masih dalam usia dini. Sebab, Anda bisa tergiur membeli produk-produk yang sebenarnya tidak Anda butuhkan.

“Barang-barang yang orang katakan penting sebenarnya tak penting,” terang Lippey.

Dia menyarankan, untuk menunggu usia kehamilan sudah lanjut sehingga Anda lebih bijak dalam memilih perlengkapan yang dibutuhkan.

  1. Batasi belanja busana hamil

Ingatlah bahwa busana hamil, tak akan dikenakan setelah Anda melahirkan. Tak ada salahnya untuk meminjam busana hamil dari sahabat atau kakak perempuan Anda. Jika harus membeli, Lippey menyarankan, untuk berpikir “Apakah nantinya aku dapat menyusui saat menggunakan busana ini?”.

  1. Jangan gengsi dengan bantuan

Anda akan terkejut saat teman-teman Anda ingin membantu Anda melengkapi kebutuhan si jabang bayi. Jika ditanya apa yang Anda butuhkan, tak ada salahnya untuk memberi tahu yang sebenarnya agar barang yang diberikan oleh teman-teman Anda berguna dengan baik.

  1. Rencanakan dengan matang

Merencanakan membantu Anda untuk dapat mengeluarkan dana dengan bijak. Cobalah mengatur kapan waktu Anda mengambil cuti libur dan kembali bekerja.

Cara ini memudahkan untuk merencanakan keuangan dari awal kehamilan.

Satu hal yang sangat dianjurkan oleh Lippey adalah mulai menabung sedari dini agar memiliki simpanan ekstra.

 

952 Total Views 1 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *