Agar Tak Mudah Mengantuk Setelah Jam Makan Siang

ngantukRADIO SUARA WAJAR – Setelah jam makan siang di kantor adalah masa-masa kantuk mulai menyerang. Berbeda dengan pagi hari saat konsentrasi dan fokus sedang tinggi-tingginya, bekerja seusai jam makan siang justru terasa berat dan lambat sekali. Apakah Anda juga sering merasa mengantuk setelah jam makan siang?

Padahal, rasa kantuk usai makan siang sangat bisa mengganggu produktivitas akibat sulitnya berkonsentrasi. Tapi, ada strategi untuk mengurangi rasa mengantuk setelah jam makan siang saat Anda harus kembali bekerja. Apa saja?

Langkah 1

Langkah pertama agar tak mengantuk setelah jam makan siang adalah yang paling hakiki, yatu tidur malam minimal delapan jam agar tubuh memiliki waktu yang cukup untuk mengistirahatkan diri. Biasakan bangun pada waktu yang sama setiap hari sehingga tubuh Anda sudah terbiasa dengan rutinitas tersebut. Bangun lebih awal atau tidur terlalu sedikit dapat merusak jadwal Anda dan membuat Anda merasa lebih lelah di sore hari.

Langkah 2

Saat makan siang, batasi konsumsi pemanis buatan dan lemak untuk menghindari kekurangan energi. Pasalnya, membakar lemak dan gula membutuhkan energi yang tinggi sehingga Anda bisa merasa cepat lelah. Jika membutuhkan rasa manis saat makan siang, konsumsi buah yang mengandung pemanis alami.

Langkah 3

Pilih makan siang yang mencakup besi, protein, dan karbohidrat kompleks. Besi membantu produksi hemoglobin yang diperlukan untuk membawa oksigen melalui tubuh sehingga bisa meningkatkan energi. Sementara karbohidrat memberikan glukosa untuk tubuh yang berfungsi sebagai bahan bakar tubuh Anda.

Langkah 4

Batasi porsi makan siang sehingga asupan Anda tak berlebihan. Pasalnya, saat tubuh mencerna makanan dalam porsi besar, Anda akan merasa lelah. Cobalah makan siang dengan porsi yang lebih kecil, tapi selingi jam makan dengan kudapan di sore hari untuk menjaga kadar gula darah.

Langkah 5

Setelah makanan habis, tunggu 15 menit kemudian berjalanlah berkeliling sebelum kembali bekerja. Lakukan sambil berlatih pernapasan akan lebih baik. Ini akan membantu meningkatkan kadar oksigen dalam darah sehingga energi pun meningkat.

Langkah 6

Jika memungkinkan, bisa saja Anda tidur siang dengan singkat. Tak perlu lama, 10 – 15 menit tidur, bila Anda benar-benar mengantuk, bisa kembali mengembalikan semangat, lo!

Langkah 7

Minum air yang banyak setelah makan siang untuk menghidrasi tubuh Anda. Semua organ dalam tubuh membutuhkan air untuk berfungsi dengan baik. Sementara mengantuk setelah jam makan siang salah satunya merupakan tanda Anda dehidrasi.

 

1030 Total Views 2 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *