Lampung Perbanyak Juru Sembelih Halal

Hewan-Kurban

Ilustrasi

RADIO SUARA WAJAR – Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Lampung terus memperbanyak jumlah juru sembelih halal ternak sapi, kerbau, kambing, dan unggas melalui kegiatan peningkatan kompetensi juru sembelih halal.

Hal ini untuk mengefektifkan jaminan kesehatan dan ketentraman batin masyarakat dalam mengkonsumsi daging. Kabid Keswan dan Kesmavet Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Lampung Arsyad mengatakan keberadaan juru sembelih itu penting. Selain menjamin produk daging yang dihasilkan halal, juga dapat mengurangi jumlah penganggur di Lampung.

Dikatakan Arsyad, juru sembelih halal ini dituntut memiliki kompetensi yang dibuktikan dengan sertifikat halal dari MUI. Menurutnya, jumlah juru sembelih halal sebanyak 92 orang. Kedepan jumlah ini akan diperbanyak menjadi 200 orang. Juru sembelih, kata Arsyad, merupakan pekerjaan menjanjikan.

Juru sembelih yang memiliki sertifikasi dari MUI, sambung dia, bisa dimanfaatkan bukan hanya di Provinsi Lampung, melainkan juga di seluruh Indonesia bahkan untuk ke luar negeri, sehingga penting dalam menghadapi perdagangan bebas (MEA).

Arsyad melanjutkan para juru sembelih ini harus menyembelih menggunakan prinsip syariat Islam. Seperti membaca bismillah dan memotong sekaligus tiga saluran: saluran napas, saluran makan, dan dua saluran pembuluh darah besar.

 

565 Total Views 1 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *