Kasus Pelanggaran HAM Terus Meningkat Setiap Tahun

ilustrasi-pelanggaran-HAMRADIO SUARA WAJAR – Tingkat pelanggaran terhadap hak asasi manusia (HAM) makin hari makin bertambah. Hal itu disampaikan Alian Setiadi Direktur Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Bandar Lampung saat memperingati hari HAM Kamis (10/12/2015).

Menurut Alian, jika dilihat dari kasus yang ditangani LBH serta yeng telah didampingi selama ini maka dapat dikatakan jumlah pelanggaran HAM yang terjadi selama ini terus terjadi peningkatan.

“Yang kami dampingi saja, setiap tahun angkanya terus bertambah, ada lebih dari dua puluh kasus, entah bagaimana dengan kasus yang tidak ada pendampingan, mungkin lebih dari jumlah itu,” ujar Alian.

Menurut Alian, selain di bidang ekonomi, sosial, budaya, sipil, dan politik (ekosob-sipol), masalah pelanggaran HAM di Lampung lebih banyak dilatarbelakangi oleh konflik agraria. Persoalan ini pun kian hari kian tidak terselesaikan.

“Masyarakat banyak yang mengerti dan paham selama ini, di mana hak-hak dari rakyat terabaikan, kasus agraria semakin meningkat jumlahnya setiap tahunnya,” ungkap Alian.

Selain itu Dalam peringatan Hari HAM Sedunia yang jatuh pada tanggal 10 Desember, puluhan massa yang tergabung dalam Pusat Perjuangan Rakyat Lampung (PPRL), menuntut pemerintah untuk menegakkan perlindungan HAM dengan cara menuntaskan seluruh kasus yang ada di Provinsi ini.

“Kasus HAM jangan ada lagi yang tersisa, semua harus dituntaskan supaya hak hidup layak bagi seluruh rakyat Indonesia bisa terwujud,” kata Koordinator Lapangan, Reynaldo Sitanggang, seperti dirilis lampost.co, Kamis (10/12/2015).

PPRL meyatakan sikap beberapa hal yang menjadi tuntutan aksi PPRL hari ini, yakni Usut Tuntas Kasus Kematian Tarmizi, Usut Tuntas Kriminalisasi Terhadap Pers di Lampung, Usut Tuntas Kasus Talang Sari, Usut Tuntas Perampasan HAM di Balinuraga, Usut Tuntas Kasus di Meksiko,Usut Tuntas Kasus UBL Berdarah, Usut Tuntas Hak Petambak Plasma di Rawajitu.

“Kami minta kasus HAM ini segera diselesaikan, jangan ada lagi kasus kasus berikutnya, karena sepanjang tahun dan tahun demi tahun kasus ham selam ini terus terjadi peningkatan,” pungkasnya.

1158 Total Views 2 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *