Gerbang Saburai Hantarkan Gubernur Lampung Raih Penghargaan

Acara Anugerah Desa Membangun Indonesia (ADMI)  2015 yang diadakan oleh Kementrian Desa, PDT dan Transmigrasi Republik Indonesia Rabu (02/12) di Ocean Ecovention Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta.

Acara Anugerah Desa Membangun Indonesia (ADMI) 2015 yang diadakan oleh Kementrian Desa, PDT dan Transmigrasi Republik Indonesia Rabu (02/12) di Ocean Ecovention Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta.

JAKARTA, RADIO SUARA WAJAR — Program Gerakan Membangun Desa Sai Bumi Ruwa Jurai (GERBANG DESA SABURAI) sebagai salah satu program unggulan Pemerintah Provinsi Lampung menjadikan nama Gubernur Lampung M. Ridho Ficardo sebagai Pembina Provinsi Terbaik Tiga dalam acara Anugerah Desa Membangun Indonesia (ADMI) 2015 yang diadakan oleh Kementrian Desa, PDT dan Transmigrasi Republik Indonesia siang tadi (02/12) di Ocean Ecovention Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta.

Diinformasikan Karo Humas dan Protokol Pemprov Lampung Bayana, bahwa penerima penghargaan ADMI ini meliputi Gubernur terbaik, Bupati terbaik, serta Kepala Desa dan Kader Pemberdayaan Masyarakat Desa (KPMD) terbaik se-Indonesia.“ADMI ini adalah bentuk apresiasi kepada Pemerintah Desa, Kabupaten, dan Provinsi dalam mengimplementasikan UU Desa, serta bentuk keberpihakan terhadap kemajuan desa melalui anggaran dan program kegiatan,” ujar Bayana.

Dalam pemberian anugerah ini, panitia ADMI melakukan verifikasi data program dan kebijakanyang telah dibuat oleh 33 provinsi dan 434 kabupaten/kota se-Indonesia, serta mengkompilasi dengan data penyaluran dan penggunaan Dana Desa di 74.093 Desa. Kementerian Desa PDTT telah memiliki data serapan Dana Desa seluruh Indonesia lengkap, termasuk penggunaannya. Hal ini menjadi salah satu komponen penilaian panitia untuk menentukan desa-desa terbaik.

Ada delapan kategori penghargaan ADMI yang diberikan, meliputi kategori Gubernur sebagai provinsi terbaik dalam Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa. Kategori ini mengukur Provinsi mana saja yang memberikan Alokasi Anggaran untuk Desa, kemudian aktifitas program kegiataan provinsi yang nyata di Desa, serta regulasi atau kebijakan yang mendukung pembangunan dan pemberdayaan Masyarakat Desa.

Lebih lanjut Bayana menjelaskan, tiga Gubernur terbaik yang dianugerahi penghargaan “Desa Membangun Indonesia” kali ini adalah Gubernur Bali, Gubernur Lampung, dan Gubernur Gorontalo. Untuk Lampung sendiri penghargaan diterima Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Provinsi Lampung Yudha Seiawan mewakili Gubernur Lampung M.Ridho Ficardo.

Ditambahkan Kabag Humas Heriyansyah, Program Gerakan Membangun Desa Sai Bumi Ruwa Jurai (Gerbang Desa Saburai) sendiri bertujuan untuk mensinergikan program penanggulangan kemiskinan di Provinsi Lampung.

Sedangkan bentuk riil kegiatan ini adalah dengan memberikan dana secara stimultan kepada 100 desa tertinggal yang tersebar di 13 Kabupaten se-Provinsi Lampung, dengan besaran Rp. 300.000.000 (Tiga Ratus Juta Rupiah) setiap desanya.

Selain dari Program Gerakan Membangun Desa Sai Bumi Ruwa Jurai (Gerbang Desa Saburai) pada kesempatan Anugerah Desa Membangun Indonesia (ADMI) Tahun 2015 ini Provinsi Lampung menyertakan dua program pendamping Program Gerbang Desa Saburai yakni Program Indek Kemajuan Desa (IKD) dan Program Bantuan Keuangan Provinsi Kepada Pemerintah Desa Tahun 2015.***

Reporter : Robert

1112 Total Views 1 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *