Cara Mendapatkan Kedamaian Hati: Ada Terang Sehabis Gelap

Membawa Damai Bagi Bumi copy(1)RADIO SUARA WAJAR – Kedamaian hati hanya dapat dicapai dengan melakukan perubahan di dalam jiwa dan pikiran. Tidak ada yang bisa membantu kita mencapai kedamaian hati kecuali kita mengubah diri menjadi yang terbaik. Berikut ini adalah tujuh cara mendapatkan kedamaian hati seperti dikutip dalam Boldsky.com:

1. Ada terang sehabis gelap

Ingat kesedihan atau masa-masa sulit yang kita miliki tidak akan tinggal selamanya. Waktu akan berlalu dan hal-hal baru akan datang dengan cara kita. Nikmati semua proses termasuk masa sulit, karena hal ini akan membuat kita lebih kuat dan memahami kehidupan yang lebih baik. Ujian dalam hidup datang untuk membuat kita mendapatkan percaya diri yang lebih dan keyakinan.

Jadi, biarkan semua kekhawatiran, kesedihan, rasa sakit, dan ketidak percayaan pergi dari diri kita.

2. Biarkan ego pergi

Ego yang kita miliki sifatnya dapat merusak kedamaian dalam diri. Jika kita menemukan kesulitan dan ingin menyerah dengan membutuhkan bantuan dari orang lain, maka mintalah bantuan. Kita tidak pernah tahu kapan waktu akan membuat kita untuk mencari bantuan lagi. Dengan cara ini kita akan berhenti mempertahankan ego dan mendapatkan kedamaian dalam diri yang sangat besar.

3. Ubah lingkungan sekitar

Biarkan udara segar memasuki ruangan, beberapa sinar matahari mencerahkan tidur, dan angin sejuk berkeliaran di kamar. Ini akan membuat kita merasa baik dan rileks. Kedamaian hati juga tergantung pada lingkungan eksternal yang kita miliki. Melakukan beberapa pembersihan dan mengatur hal-hal dengan cara yang tepat akan membuat kita merasa puas dan mendapatkan kedamaian dalam diri. Itulah mengapa mengubah sekeliling kita menjadi salah satu dari delapan cara mendapatkan kedamaian hati. 

4. Kesederhanaan

Kesederhanaan adalah faktor utama yang membawa kedamaian hati. Menjadi sederhana membantu kita mengarahkan energi dan usaha dalam satu titik tunggal. Jangan mempersulit hidup dengan hal-hal yang tidak perlu seperti bergosip, memamerkan, dan mencari teman dengan nilai-nilai dan standar.

5. Nikmati hidup dan melupakan masa lalu

Yang sudah berlalu biarlah berlalu dan masa depan tidak dapat diprediksi. Jadi mengapa menguras energi kitapada hal-hal yang di luar kendali. Berhenti bersikap obsesi terhadap masa lalu atau masa depan yang kita miliki, karena hal ini akan mencegah kita mendapatkan kebahagian di masa sekarang. Hidup dan menikmati hari yang kita miliki sekarang.

6. Bersyukur dan menghitung berkat

Salah satu cara penting untuk mendapatkan kedamaian dalam diri adalah selalu berpikir bahwa kita diberkati. Bersyukurlah untuk setiap hal kecil yang kita punya dalam hidup sebagai suatu berkat. Bahkan napas yang kita miliki adalah suatu berkat.

Jangan mengabaikan orang-orang yang jarang mendapatkan makanan, pakaian, dan tempat tinggal. Mengekspresikan sikap bersyukur kepada Tuhan dan kepada orang-orang di sekitar kita akan membuat hidup menjadi indah. Itu lah mengapa bersyukur dan menghitung berkat adalah salah satu dari beberapa cara mendapatkan kedamaian hati.

7. Berpikir terbuka untuk perubahan

Jangan mengikuti hukum dasar sebagai perspektif atau pendapat untuk berubah. Jika kita yakin hal tertentu pada titik waktu tertentu, tidak perlu terjebak dalam pandangan itu. Menyambut baik pendapat baru dan terima kasih kepada orang-orang yang telah memperkaya pengetahuan kita.

 

2435 Total Views 2 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *