Mengatasi Kesepian

ketika-pasanganmu-terpuruk-dalam-kesepianRADIO SUARA WAJAR – Kesepian, ternyata, adalah masalah yang serius hari ini. Melalui teknologi, dunia menjadi semakin terhubung satu sama lain, namun di balik hal itu banyak orang merasa kesepian. Bahkan, anda bisa merasa kesepian meskipun anda berinteraksi dengan banyak orang. Kesepian bukan berarti kita harus menjadi sendirian.

Anda mungkin tidak merasa kesepian saat ini, tapi mungkin ada saat-saat ketika anda merasakannya. Jadi kita semua harus tahu bagaimana menangani rasa kesepian ini.

Berikut adalah beberapa tips yang mudah-mudahan bermanfaat membantu anda mengatasi kesepian.

1. Bersikap positif terhadap diri anda sendiri.

Berbicara hal negatif terhadap diri sendiri dapat membunuh anda. Jika anda terus-menerus menganggap diri anda sebagai orang yang buruk, tidak berarti, atau tidak menarik, maka akan sulit bagi anda untuk terhubung dengan orang lain. Anda harus menerima diri sendiri sebelum anda dapat menerima orang lain.

Ya, anda mungkin memiliki beberapa sifat negatif. Tapi sadarkah anda bahwa orang lain pun memiliki hal-hal negatif juga. Jadi berfokus pada sisi positif anda. Pikirkan diri anda dengan cara yang positif.

Jika anda merasa sulit untuk menyingkirkan pikiran negatif, coba gunakan kekuatan “tapi”. Sebagai contoh, anda mungkin berkata kepada diri sendiri: “Saya mungkin bukan orang yang paling cantik di dunia, tapi saya memiliki hati yang murah hati.”

2. Miliki sikap bersyukur.

Bersyukurlah untuk semua berkat yang anda terima, apapun itu. Sangat mudah untuk fokus pada hal yang negatif dalam hidup, tapi jangan lupa bahwa ada banyak juga hal positif. Ingatlah hal-hal positif tersebut dan syukuri.

Apa hubungannya rasa syukur ini dengan kesepian? Jika anda selalu bersyukur, maka anda akan menjadi ceria dan itu akan menarik orang-orang pada anda. Coba pikirkan hal ini: apakah anda ingin berada di dekat orang penggerutu atau orang yang ceria?

3. Lihat sisi positif dari orang lain.

Sama seperti anda harus melihat sisi positif dari diri sendiri, anda juga harus melihat sisi positif dari orang lain. Setiap orang memiliki kekurangan, tapi mereka juga pasti memiliki sisi positif. Jadi pilihlah untuk fokus pada hal positif. Itu akan membuat anda berada di posisinya dan membuat anda lebih mudah untuk berhubungan dengan mereka.

4. Lakukan sesuatu untuk orang lain.

Semakin anda berpikir tentang diri anda, semakin besar kemungkinan untuk anda merasa kesepian. Sebagai contoh, anda mungkin berpikir bahwa tidak ada yang suka atau peduli tentang anda.

Jadi, penting untuk anda mengalihkan perhatian dari diri anda sendiri, dengan cara melakukan sesuatu untuk orang lain. Tidak harus melakukan sesuatu yang besar, cukup melakukan hal kecil seperti tersenyum pada tetangga atau kolega. Atau, jika anda percaya dalam doa, anda dapat berdoa bagi mereka. Sebutkan nama-nama mereka dan berdoalah untuk kebutuhan mereka. Ini cukup sederhana, tetapi dapat melakukan keajaiban bagi diri sendiri dan orang lain.

5. Bergabung dengan komunitas.

Sangat penting untuk anda menjadi bagian dari suatu komunitas di mana orang-orang peduli satu sama lain. Anda tidak cukup hanya memiliki sebuah komunitas online, anda juga harus memiliki komunitas nyata. Ini bisa jadi komunitas terkait hobi, sebuah organisasi sosial, atau apa pun yang sesuai dengan minat anda.

Jika anda memiliki seorang teman yang sudah menjadi bagian dari komunitas, mintalah mereka untuk memperkenalkannya pada anda. Jika tidak, anda perlu datang kepada mereka untuk memperkenalkan diri anda, namun memang membutuhkan sedikit keberanian. Miliki pandangan positif terhadap diri anda sendiri dan orang lain, maka anda akan berhasil.

6. Selalu ambil inisiatif.

Ketika anda datang ke sebuah komunitas atau pertemuan sosial, jangan menunggu orang lain untuk memberi perhatian kepada anda. Sebaliknya, ambil inisiatif dan berikan perhatian kepada mereka. Sapa dan tanyalah mengenai kondisi mereka. Tunjukkan ketertarikan dalam hidup mereka. Ini seperti menyebarkan benih-benih kebaikan pada orang lain. Anda kelak akan menuai panen.

Jika Anda Tidak Merasa Kesepian …

Anda mungkin membaca ini dan berpikir: “Saya tidak merasa kesepian. Jadi artikel ini tidak berlaku untuk saya. ”

Nah, bagus kalau begitu! Selanjutnya anda memiliki tugas untuk menjadi seorang teman bagi mereka yang membutuhkan. Berikan perhatian kepada mereka. Jauhkan mereka dari rasa kesepian. Apa yang anda lakukan mungkin tampak sederhana untuk anda, tapi anda tidak pernah tahu apa dampaknya untuk orang lain.

Siapa yang tahu? Anda mungkin telah menerangi kehidupan orang lain.

 

 

2730 Total Views 1 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *