Pemprov Lampung Mendorong PMI Dalam Pelayanan Untuk Lebih Baik

96ridho d wamendag

Gubernur Lampung M Ridho Ficardo

RADIO SUARA WAJAR – Pemerintah Provinsi Lampung mendorong upaya yang dilakukan oleh Palang Merah Indonesia (PMI) setempat dalam pelayanan darah transfusi agar lebih baik.

“Pelayanan itu dalam hal pengerahan dan pelestarian donor, pengambilan darah, pengolahan komponen darah, uji saring infeksi, penyimpanan dan pendistribusian darah transfusi ke bank darah atau rumah sakit,” kata Gubernur Lampung M Ridho Ficardo seperti di lansir antaranews.com, Sabtu (21/11).

Ia mengharapkan selain dapat mendonorkan darah melalui unit transfusi darah (UTD) di PMI kabupaten dan kota yang ada di Provinsi Lampung, PMI juga menyediakan kemudahan lainnya dengan pelayanan mobil donor darah dengan harapan akan memudahkan masyarakat untuk mendonorkan darahnya di tempat-tempat publik dan pusat-pusat keramaian di tengah kota, yaitu pusat perbelanjaan dan kampus.

Di sisi lain, lanjutnya, Provinsi Lampung juga siap menjadi lumbung darah nasional serta menjadikan donor darah sebagai gaya hidup.

“Kami akan mengkaji konsep untuk melakukan kegiatan donor darah secara berkelanjutan di setiap satuan kerja perangkat daerah di lingkungan pemprov, sehingga tidak menutup kemungkinan Lampung menjadi lumbung darah,” jelasnya.

Ia menyebutkan, dalam kunjungan Ketua Palang Merah Indonesia Jusuf Kalla dan Mar`ie Muhammad beberapa waktu lalu UTD Pembina PMI Provinsi Lampung merupakan yang terbaik di Indonesia dari segi teknik dan pelayanannya.

Hal tersebut terbukti dengan adanya kunjungan studi banding dari pengurus PMI beberapa daerah di Sumatera, seperti Aceh dan Padang.

 

1358 Total Views 1 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *