Lampung Perkenalkan Beras Siger Pada Puncak Hari Pangan Sedunia di Palembang

Para pengisi acara sedang melakukan gladi resik acara pembukaan di Main Dining Hall kawasan Jakabaring Sport Center, Palembang, Sumatera Selatan, Jumat sore 16 Oktober 2015.

Para pengisi acara sedang melakukan gladi resik acara pembukaan di Main Dining Hall kawasan Jakabaring Sport Center, Palembang, Sumatera Selatan, Jumat sore 16 Oktober 2015.

PALEMBANG, RADIO SUARA WAJAR — Hari Pangan Sedunia (HPS) ke-35 Tahun 2015 dipusatkan di Jakabaring Sport Center, Palembang, Sumatera Selatan. Kali ini HPS ke 35 mengusung tema “Pemberdayaan Petani Sebagai Penggerak Ekonomi Menuju Kedaulatan Pangan”.

Kepala Badan Ketahanan Pangan Daerah (BKPD) Provinsi Lampung Ir. Kusnardi, M.Agr.Ec dalam wawancara eksklusif dengan Radio Suara Wajar di Jakabaring Sport Center, Palembang, Sumatra Selatan Jumat (16/10) menjelaskan, tujuan dari peringatan ke-35 tingkat nasional. Menurutnya tujuan secara khusus diselenggarakan peringatan HPS tahun ini ialah untuk memperkuat kerja sama dan membangun koordinasi fungsional yang efektif dengan melibatkan seluruh komponen pemerintah dan masyarakat dalam rangka mempertahankan ketahanan pangan nasional.

“Selain itu untuk memotivasi stakeholder ketahanan pangan untuk berpartisipasi aktif secara berkelanjutan dalam membangun ketahanan pangan kepada masyarakat” pungkasnya.

Pada tempat yang sama, Sekretaris Badan Ketahanan Pangan BKPD Provinsi Lampung Dra. Bahagiati S.H menjelaskan persiapan bumi ruwa jurai mewarnai HPS di Palembang. Menurutnya, untuk rombongan yang terdiri dari Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), seperti Dinas Pertanian, Peternakan, Perikanan, Perkebunan dan Bakorluh telah sampai hari ini (16/10) di Jakabaring Sport Center, Palembang, Sumatra Selatan. Tempat penginapan untuk peserta dari Lampung menrut, Sekretaris BKPD ini, dipusatkan di Wisma Atlet dalam Jakabaring Sport Center.

Dijelaskan Bahagiati, saat ini Lampung yang diwakili Kabupaten Tulang Bawang, tengah mengikuti lomba cipta menu makanan. “Insya Allah kita bisa mewakili Lampung dengan baik, dan menjadi juara” katanya.

Disamping itu menurut wanita yang akrab disapa Beggy ini, Provinsi Lampung saat ini masih mengerjakan perlombaan Pemilihan Stand Terbaik yang diikuti BKPD seluruh Indonesia.

Pada Hari Pangan Sedunia ke-35 ini menurut Beggy, BKPD memanfaatkan moment ini untuk memperkenalkan produk khas unggulan Lampung salah satunya adalah Beras Siger. “Mudah-mudahan beras unggulan ini dapat dimanfaatkan oleh masyarakat Indonesia untuk konsumsi pangan lokal. Besok rencananya akan diberikan kepada Presiden Jokowi untuk mencicipi” pungkasnya.

Sebagai informasi, pada Sabtu 17 Oktober 2015, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) yang semula dijadwalkan membuka langsung peringatan Hari Pangan Sedunia (HPS) tingkat nasional ke-35 pada pukul 13.00 wib dimajukan menjadi pukul 08.00 wib.***

Reporter : Robert

 

1153 Total Views 1 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *