Bawaslu dan KPID “Keroyokan” Awasi Iklan Kampanye Paslon di Lembaga Siaran

Ketua Bawaslu Provinsi Lampung, Fatikhatul Khoiriyah dan Ketua KPID Lampung Tamri saat penandatanganan MoU di Begadang Resto Jl. Diponegoro No. 1, Teluk Betung, Lampung (03/10).

Ketua Bawaslu Provinsi Lampung Fatikhatul Khoiriyah dan Ketua KPID Lampung Tamri saat penandatanganan MoU di Begadang Resto Jl. Diponegoro No. 1, Teluk Betung, Lampung (02/10).

BANDAR LAMPUNG, RADIO SUARA WAJAR – Masa kampanye bagi para pasangan calon walikota dan bupati di Lampung sudah bergulir. Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Lampung mulai siaga dalam mengawasinya.

Ketua Bawaslu Provinsi Lampung Fatikhatul Khoiriyah kepada Radio Suara Wajar (02/10) mengatakan, adanya peraturan KPU yang menyebutkan mulai tanggal 27 Agustus sampai 5 Desember 2015, tidak boleh ada iklan yang dilakukan dalam konteks kampanye oleh pasangan calon atau tim kampanye menjadi perhatian serius lembaganya. Karena menurutnya, jika lembaga penyiaran tidak mengetahui akan peraturan yang telah ditetapkan KPU ini, ancaman sanksinya cukup berat, terutama bagi paslon sebagai pihak memasang ikan.

Nah, dalam rangka sosilasisasi mengenai peraturan ini, Bawaslu Provinsi Lampung menggandeng Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) untuk pengawasan iklan yang berbau kampanye politik para paslon. Bawaslu menyadari, terdapat keterbatasan kewewenangan lembanganya untuk pengawasan di lembaga penyiaran baik radio dan televisi.

Menurut Khoir, begitu ia akrab disapa, sanksi terberat bagi yang melanggar adalah pembatalan bagi paslon. Dan untuk lembaga penyiaran dirinya menyerahkan pada KPID, karena Bawaslu tidak mempunyai kewenangan untuk memberikan sanki.

Oleh karena itu, guna mensinergikan antara kewenangan pengawasan pemilihan bupati/walikota 2015 dengan lembaga penyiaran, mereka melakukan nota kesepahaman atau memorandum of understanding (MOU). Acara berlangsung di Begadang Resto Jl. Diponegoro No. 1, Teluk Betung, Lampung Jumat siang 02 Oktober 2015.***

Reporter : Robert

 

789 Total Views 1 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *