Kakek Boncel Tampil Pada Puncak Peringatan Hari Kunjung Perpustakaan Se-Provinsi Lampung

Kakek Boncel saat mendongeng di UPTD Perpusatkaan Daerah Lampung, Jl. W.R. Monginsidi No. 107/144 Bandar Lampung, (14/09).

Kakek Boncel saat mendongeng di UPTD Perpusatkaan Daerah Provinsi Lampung, Jl. W.R. Monginsidi No. 107/144 Bandar Lampung, (14/09).

BANDAR LAMPUNG, RADIO SUARA WAJAR — Kakek Boncel (65) tampil pada puncak peringatan Hari Kunjung Perpustakaan dan Bulan Gemar Membaca Provinsi Lampung. Pada puncak peringatan ini panitia mengadakan berbagai macam kegiatan, dan sebagai besar bertujuan untuk menarik minat baca pada anak.

Badan Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi Daerah Provinsi Lampung secara khusus mengundang “Pendongeng Kondang” Kakek Boncel pada puncak peringatan itu, Senin 14 September 2015. Acara dipusatkan di halaman UPTD Perpusatkaan Daerah Provinsi Lampung, Jl. W.R. Monginsidi No. 107/144 Bandar Lampung.

Pada kesempatan ini, Kakek Boncel yang memiliki nama lengkap Drs. S. Bambang Muharyono HS ini menyuguhkan dongeng dengan judul “Si Sombong dan Si Rendah Hati”. Dengan kemahirannya, Kakek Boncel mengemasnya dalam sajian berbeda, yakni versi untuk disajikan pada anak PAUD, TK dan SD. Para anak-anakpun yang menyimak dongenya telihat antusias mendengarkan Kakek Boncel. Dengan alat peraga wayang buah tangannya, lebih leluasa menyampaikan lakon pada pada dongeng yang disajikan.

Tak ingin melewatkan kesempatan berharga ini, Kakek Boncel dalam dongengan yang disajikan pada anak-anak yang datang pada acara ini, menyisipkan “ajakan” untuk gemar membaca. Karena selama ini dinilainya minat baca pada anak-anak kondisinya sangat memprihatinkan. Maka pada kesempatan emas ini, dia sekaligus membawa misi untuk mengiatkan membaca pada anak, yang disisipakan dan dibalut dalam dongeng karyanya.

Menurut Kakek Boncel, membiasakan membaca pada anak dapat dimulai dengan keteladanan. Jadi, masih kata dia, orang tua harus terlebih dulu memberikan teladan dengan membiasakan membaca, sehingga anak-anak dapat terpancing untuk melakukan hal yang sama. Membacakan buku dongeng pada anak, menurut Kakek Boncel menjadi salah satu cara untuk menumbuhkan minat baca pada anak.

Sebagai informasi, Kakek Boncel kesehariannya biasa mendongen di sekolah-sekolah, baik di PAUD atau kelompok bermain, Taman Kanak-Kanak (TK) dan Sekolah Dasar (SD). Dan menariknya, kakek lima orang cucu ini, mengisi menu acara “Kakek Boncel Mendongeng” di Radio Suara Wajar Bandar Lampung. Menu acara ini dapat didengarkan setiap hari Minggu pada pukul 10.00 wib sampai dengan selesai.***

Reporter : Robert

1019 Total Views 1 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *