Peringati Hari Pangan Sedunia, Komisi PSE KWI Produksi Film Kembali Ke Alam

SONY DSC

RADIO SUARA WAJAR – Hari Pangan Sedunia (HPS) adalah gerakan bersama mendunia untuk mengembangkan kesadaran pemerintah dan rakyat akan pangan yang cukup, sehat dan bermutu bagi semua orang.

Kebersamaan HPS bertujuan untuk menggerakkan kesadaran bersama akan kebutuhan bersama yang mendasar dan mendesak akan pangan.

Gereja Katolik ikut terlibat dalam gerakan HPS bukan terutama karena persoalan teknis, tetapi utamanya persoalan etis. Gereja ingin melibatkan diri agar wawasan pangan dunia mengutamakan hidup manusia yang bermutu.

Gereja Katolik melibatkan diri dengan tujuan menyadarkan umat Katolik akan tanggung jawab solidernya bagi pangan manusia. Gereja mendorong umat untuk membangun kebersamaan gerak dalam memastikan ketersediaan pangan yang bermutu bagi hidup manusia.

HPS awalnya dimulai untuk memperingati berdirinya organisasi Food and Agriculture Organization milik Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pada 16 Oktober 1945. Namun dalam perkembangannya, HPS lebih dimaknai sebagai momen untuk meningkatkan kepedulian terhadap masalah kemiskinan dan kelaparan. Di dalam setiap temanya, ketahanan pangan paling sering dijadikan tema dalam peringatan HPS karena hal ini merefleksikan kemampuan rata-rata individu untuk mendapatkan dan menjaga ketersediaan pangan.

0907f

Umat Katolik mengadakan acara makan bersama di sebuah paroki di Jakarta

 

Kembali ke Alam dan Bersyukur kepada-Nya”

Untuk itu, Gereja, melalui Komisi Pengembangan Sosial Ekonomi (PSE) Konferensi Waligereja Indonesia (KWI), telah memproduksi sebuah film dengan judul “Kembali ke Alam dan Bersyukur kepadaNya”.

Film ini bertujuan menjadi sarana visualisasi guna menghidupkan kesadaran umat dalam memandang alam sekitarnya sebagai ‘sahabat’, bukan sebagai musuhnya.

KWI mengharapkan pesan yang disampaikan melalui film tersebut dapat diwujudnyatakan, sehingga sesuai dengan tema Hari Pangan Sedunia 2015 – “Penyediaan Pangan yang cukup dan Bergizi” benar-benar terpenuhi.(mirifica.net)

 

942 Total Views 1 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *