Sekda Provinsi Lampung Lantik Mahasiswa Baru ITERA TA 2015/2016

Rektor ITERA Ofyar Z Tamin berjabat tangan dengan Arinal Djunaidi di kampus setempat (18/08).

Rektor ITERA Ofyar Z Tamin berjabat tangan dengan Arinal Djunaidi di kampus setempat (18/08).

BANDAR LAMPUNG, RADIO SUARA WAJAR — Sekretaris Daerah Provinsi Arinal Djunaidi mengatakan sasaran pembangunan di Lampung yakni terwujudnya SDM yang berdaya saing tinggi, menguasai IPTEK, sehat dan sejahtera. Sehingga ITERA diharapkan dapat menjadi salah satu shareholder yang mendukung pencapaian sasaran dimaksud.

Demikian dikatakan Sekda pada Pelantikan Mahasiswa Baru ITERA Tahun Ajaran 2015/2016, Selasa (18/8) di Kampus ITERA.

Dijelaskan Sekda, Pemprov rencananya membangun Pusat Olahraga berstandar nasional di kawasan Kampus ITERA. Science Park di Kampus ITERA juga dibangun sebagai pusat pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, sekaligus sebagai wadah yang biasa menghubungkan dunia penelitian dengan dunia industri. Selain itu kedepan Kampus ITERA akan dikembangkan menjadi suatu kawasan yang terintegrasi dengan pembangunan Kota Baru dan pusat pendidikan lainnya.

Sementara itu, Rektor ITERA Ofyar Z Tamin mengatakan, potensi pulau Sumatera begitu besar. Sebagai pulau terbesar ke enam di dunia, Sumatera menyimpan kekayaan sumber daya alam dan posisi strategis.

Sebagai contoh, Sumatera Utara menyimpan sekitar 17% cadangan air bersih nasional, Sumatera bagian Selatan menyimpan 40% cadangan nasional gas bumi dan 50% cadangan batu bara nasional, serta di Sumatera bagian Tengah menyimpan 52 % cadangan minyak bumi nasional.

Dari sektor perkebunan, Sumatera menyumbang sekitar 7 juta hektar perkebunan kelapa sawit nasional atau setara 87% luas perkebunan kelapa sawit nasional. Selain itu, potensi sebagai beranda terluar Indonesia yang menghadap langsung Negara tetangga juga demikian besar untuk meningkatkan ekonomi sekaligus pertahanan Negara.

Lebih lanjut dikatakan, idealnya jumlah populasi sarjana teknik Indonesia sejumlah 1.8 juta jiwa atau 3 kali lebih besar dari saat ini pada tahun 2010. Sedangkan periode 2011-2015 idealnya penambahan sarjana teknik seharusnya lebih dari 57.000 orang/tahun atau lebih. Tetapi tahun 2014 menurut data populasi mahasiswa teknik baru mencapai 30.000-an mahasiswa.

Tantangan ini membutuhkan kerja sama dan kolaborasi dari berbagai pemangku kepentingan nasional maupun regional. Di dalam skala regional, kolaborasi saat ini telah diejawantahkan melalui kerja sama Mou antara ITERA-Unila, ITERA-IAIN, ITERA-UBL dalam skala regional.

Sebagai informasi, acara dihadiri Rektor ITERA, Pj Bupati Lampung Selatan, Ketua Komisi V DPRD Prov Lampung dan 391 Mahasiswa baru ITERA. Sebanyak 223 Mahasiswa tersebut berasal dari luar Lampung.***

Reporter : Robert

 

1152 Total Views 1 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *