Timor Leste Merayakan 500 Tahun Kehadiran Gereja Katolik

0818c

Uskup Baucau Mgr Basilio do Nascimento, kiri, dan Sekretaris Negara Vatikan Pietro Kardinal Parolin memimpin Misa untuk merayakan 500 tahun kehadiran Gereja Katolik di negara itu.

RADIO SUARA WAJAR – Misa untuk merayakan 500 tahun kehadiran Gereja Katolik di Timor Leste, diadakan pada tgl 15 Agustus bertepatan  dengan Hari Raya Santa Perawan Maria Diangkat ke Surga di Tasitolu, sebuah lokasi saat Paus Yohanes Paulus II merayakan Misa tahun 1989 ketika pemuda Timor Timur membentangkan spanduk memprotes pemerintahan Indonesia.

Sekitar 8.000 umat Katolik berkumpul di tempat terbuka di pesisir  barat Dili, ibukota Timor Leste, di negara setengah pulau itu. Umat datang dari seluruh pulau, mengenakan pakaian adat dan membawa poster mewakili keuskupan mereka, komunitas, sekolah dan paroki.

Sekretaris Negara Vatikan Kardinal Pietro Parolin, yang mengunjungi Timor Leste sejak Paus Yohanes Paulus II, menjadi selebran utama Misa itu, yang

Konselebran  lain termasuk Uskup Agung Joseph Marino, duta Vatikan untuk Timor Leste, Uskup Baucau Mgr Basilio do Nascimento, Uskup Maliana Mgr Norberto do Amaral, dan Uskup Agung Leopoldo Girelli, Duta Vatikan untuk Singapura, yang menjabat sebagai Duta Besar Vatikan untuk Timor Leste  (2006 -2013).

Kardinal Parolin mengatakan kepada hadirin bahwa Gereja mengikuti perjuangan negara untuk kemerdekaan dan akan terus membantu negara yang masih muda ini.

Dengan  mengacu pada penandatanganan perjanjian di antara Vatikan dan Timor Leste pada 14 Agustus, kardinal mengatakan kesepakatan itu merupakan sarana Gereja dan negara dapat bekerjasama untuk pengembangan dan kemajuan bangsa.

Uskup Nascimento, ketua presidium Konyarakat Waligereja Timor Leste, menekankan pentingnya penandatanganan perjanjian itu guna meningkatkan kerja sama di antara Gereja dan pemerintah Timor Leste untuk  melayani 1,2 juta orang di negara itu, yang di antaranya 97 persen adalah Katolik.

0818d

Seorang gadis menampilkan bendera Vatikan dan Timor Leste selama Misa 15 Agustus untuk merayakan 500 tahun kehadiran Gereja Katolik di Timor Leste.

 

1696 Total Views 1 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *