Dua WNI Penyelundup Narkoba Ditangkap di Tiongkok

321020_kurir-pengedar-bandar-narkoba-penangkapan-ditangkap_663_382

Viva.co.id – Otoritas berwenang di Tiongkok, 16 Mei 2015 lalu menangkap dua WNI yakni Rizky Nurayuni dan Roida Arahan Sitompul yang menyelundupkan narkotika jenis metaphetamine. Menurut rilis yang diterima VIVA.co.id dari kantor Badan Narkotika Nasional (BNN) pada Senin malam, 3 Agustus 2015, ini merupakan perjalanan kali ketiga yang dilakukan Rizky untuk menyelundupkan narkoba.

Dua perjalanan sebelumnya, Rizky berhasil lolos membawa 400 dan 600 gram. Kepada staf KJRI Guangzhou yang menemuinya pada 2 Juli 2015 di Rumah Tahanan kota Shenzen, Rizky mengatakan, dia berniat menyelundupkan narkoba dari Kuala Lumpur menuju ke Hong Kong.

Rizky mengaku yang menyediakan barang terlarang adalah pacarnya, warga Nigeria bernama Nelson. Sementara, bagi Roida, ini menjadi perjalanan kedua dia menyelundupkan narkoba ke Guangdong. Sama seperti Rizky, di perjalana pertama, dia berhasil lolos dari pengamanan otoritas berwenang.

Jika Roida berhasil menuntaskan misi keduanya ini, maka dia dijanjikan imbalan senilai US$1.000 atau setara Rp13,4 juta. Berdasarkan informasi dari Nelson, jenis narkoba yang dibawa Roida merupakan jenis gold power.
Selama ditahan satu bulan, kedua tersangka telah diberi kesempatan untuk berkomunikasi melalui surat kepada keluarganya sebanyak dua kali yaitu pada tanggal 20 Mei 2015 dan 16 Juni 2015.

Pihak KJRI sendiri telah menyarankan agar kedua tersangka meminta penerjemah Bahasa Indonesia agar dapat berkomunikasi lebih baik saat dimintai keterangan.

1161 Total Views 2 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *