Lampung Serius Kembangkan Pelabuhan Sungai

Wakil-Gubernur-LampungRADIO SUARA WAJAR – Pemerintah Provinsi Lampung sangat serius mewujudkan pengembangan pelabuhan sungai di daerah itu mengingat potensinya yang cukup besar.

Kepala Biro Humas dan Protokol Provinsi Lampung, Bayana, di Bandarlampung, Jumat, mengatakan, Wakil Gubernur Lampung Bachtiar Basri dalam kunjungan kerjanya di Kalimantan Barat meninjau aktivitas pelabuhan Sungai Seng Hei, dan operasional pelabuhan peti kemas Pelindo cabang Pontianak.

Bachtiar Basri dalam kesempatan itu juga menyatakan Lampung memiliki sungai yang tak kalah besar dengan Kalimantan Barat, seperti Sungai Seputih, Sungai Mesuji-Tulangbawang dan sungai lainnya.

Sungai-sungai tersebut dapat menghubungkan beberapa kabupaten misalnya Muara Seputih, yang melintasi Kabupaten Lampung Tengah, Kabupaten Lampung Timur dan Kabupaten Tulangbawang, serta sungai-sungai yang juga melintasi Kabupaten Mesuji-Kabupaten Tulangbawang Barat dan Kabupaten Tulangbawang.

General Manager Pelindo II Pontianak, Kalimantan Barat Hendro Haryono mengatakan, Pelindo II turut andil besar dalam hal bongkar muat distribusi barang dari wilayah Tanjung Priok ke wilayah Kalimantan Barat. Didukung oleh kinerja tim serta adanya koordinasi dan hubungan baik dengan pemerintah daerah adalah kunci keberhasilan Pelindo Pontianak.

Sedangkan Asisten Bidang Ekbang Setprov Lampung Adeham menjelaskan, terkait Lampung sebagai pintu gerbang Sumatera meski memiliki nilai lebih dalam hal penggerak perekonomian di wilayah Sumatera.

“Jika tol laut bisa terwujud, pengembangan pelabuhan sungai bisa terealisasi maka tidak hanya distribusi barang yang lancar, namun geliat perekonomian di wilayah sekitar akan maju. Di sekitar pelabuhan akan tumbuh rumah makan, wisata, pasar tradisional, perikanan, pertanian, perdagangan, transportasi sungai, sehingga Lampung akan lebih cepat berkembang,” katanya.

Wakil Gubernur Lampung juga menginstruksikan Asisten Bidang Ekbang segera bentuk tim persiapan guna menyusun dan mengumpulkan bahan pengembangan pelabuhan sungai. Tim harus melibatkan semua pihak terkait antara lain Dinas PU Pengairan, PU Bina Marga, Dinas Perhubungan, Balai Besar PSDA, Pelindo II Cabang Panjang. Tim bertugas menyusun rencana induk pelabuhan pengembangan pelabuhan sungai.

 

324 Total Views 1 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *