Gubernur Lampung buka rapat koordinasi APEKSI wilayah II Sumatera Bagian Selatan

Gubernur Lampung M Ridho Ficardo saat memberi arahan pada Rapat Koordinasi Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) wilayah II Sumatera Bagian Selatan di Ballroom Hotel Skuntum, Kota Metro, Selasa malam 24 Mei 2016.
Gubernur Lampung M Ridho Ficardo saat memberi arahan pada Rapat Koordinasi Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) wilayah II Sumatera Bagian Selatan di Ballroom Hotel Skuntum, Kota Metro, Selasa malam 24 Mei 2016. Foto : Tim Media MRF

BANDAR LAMPUNG, RADIO SUARA WAJAR — Gubernur Lampung M Ridho Ficardo menyambut Walikota se-Sumbagsel dan memberi arahan pada Rapat Koordinasi Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) wilayah II Sumatera Bagian Selatan. Acara berlangsung di Ballroom Hotel Skuntum, Kota Metro, Selasa malam 24 Mei 2016.

Gubernur Ridho berharap pemerintah daerah, terutama di Sumatera bagian selatan harus bisa menangkap peluang-peluang pembangunan dari Pemerintah Pusat dan mempersiapkan Sumatera sebagai pemegang tongkat estafet pembangunan Nasional selanjutnya.

“Kecepatan pertumbuhan Sumbagsel akan sangat cepat, terlebih pembangunan Pemerintah Pusat akan banyak digulirkan di Sumatera. Maka Pemerintah Kabupaten dan Kota harus bisa memaksimalkan peluang dan mengantisipasi dampak-dampak negatif,” kata Ridho seperti dikutip dari release yang diterima Radio Suara Wajar dari Tim Media M. Ridho Ficardo.

Lebih jauh, dijelaskannya bahwa kota diuntungkan karna pusat jasa berada di kota-kota, sehingga transaksi pelaku usaha dan transaksi masyarakat di Kabupaten akan terpusat di kota. Sehingga Pemerintah Kota harus merangkul Pemerintah Kabupaten sekitar dalam geliat pembangunan, agar terarah dan terintegrasi.

“Kota tidak bisa berdiri sendiri, tanpa bantuan dan sinergitas dengan Kabupaten sekitarnya. Karna Kota sebagai pusat ekonomi dan pembangunan, akan menjadi titik transaksi ekonomi dari Kabupaten sekitar,” katanya.

Namun, dibalik keunggulannya tersebut kota memiliki tantangan tersendiri yang harus diantisipasi. Ridho mengajak untuk banyak belajar dari hal-hal negatif pembangunan di Pulau Jawa. Ia mencontohkan tentang infrastruktur dan transportasi.

“Tantangan pemerintah kabupaten adalah membangun dan memperbaiki infrastruktur jalan. Namun, tantangan bagi pemerintah kota akan lebih kompleks, mayoritas jalan kota cukup baik namun kemacetan menjadi suatu masalah yang harus diantisipasi. Bisa kita ambil pelajaran dari Jawa, bagaimana Jakarta dan Bandung sudah mulai pusing mengatasi kemacetan. Kita harus bisa mengantisipasi sebelum terlambat. Oleh karna itu kita di Lampung mengkonsepkan Kota Metropolitan,” terang Ridho.

Sebagai informasi, acara APEKSI yang akan berlangsung selama dua hari (24-25 mei) ini dihadiri segenap walikota dan pejabat Pemerintahan Kota di Sumatera Bagian Selatan. Terlihat hadir Walikota Bandar Lampung Hean HN, Walikota Metro Ahmad Pairin, Walikota Bengkulu Helmi Hasan dan segenap walikota kota-kota di Sumbagsel lainnya. ***

Reporter : Robert

486 Total Views 1 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *