7 Khasiat Makan Mentimun Setiap Hari

Minum jus mentimun menurunkan berat badan.  Foto: Youtube

Minum jus mentimun menurunkan berat badan. Foto: Youtube

RADIO SUARA WAJAR — MENTIMUN tidak hanya bisa dimanfaatkan untuk kencatikan, tetapi juga kesehatan. Karena, mentimun juga dilengkapi nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh dalam menjaga kesehatan.

Dari sekian banyak manfaat, setidaknya terdapat 7 khasiat makan mentimun setiap hari. Berikut uraian singkatnya sebagaimana dikutip Boldsky.

Mengontrol diabetes

Salah satu manfaat paling baik dari makan mentimun adalah membantu mengontrol penyakit diabetes. Jus mentimun mengandung hormon khusus yang diperlukan oleh sel-sel pankreas memproduksi insulin, sehingga menguntungkan pasien diabetes.

Memerangi kanker

Mentimun mengandung 3 lignan, yaitu pinoresinol, lariciresinol dan secoisolariresinol yang membantu mengurangi risiko terkena berbagai jenis kanker, seperti kanker ovarium, payudara, prostat dan kanker rahim.

Mengurangi kolesterol

Salah satu manfaat mentimun adalah mengurangi kolesterol. Menurut para peneliti, mentimun mengandung sterol yang merupakan senyawa untuk mengurangi kadar kolesterol.

Mengontrol tekanan darah

Mentimun mengandung magnesium, kalium dan serat yang efisien mengontrol tekanan darah. Karena itu, mentimun cocok dijadikan camilan oleh orang-orang yang berisiko terhadap penyakit hipertensi.

Menurunkan berat badan

Mentimun merupakan asupan rendah kalori dan penuh kandungan air, karenanya sempurna bagi mereka yang berencana menurunkan berat badan. Hal ini adalah salah satu dari sekian banyak manfaat mengonsumsi mentimun setiap hari.

Meredakan nyeri sendi

Mentimun terbukti menjadi sumber silika yang terkena memperkuat jaringan sendi. Hal ini karena mentimun mengandung kalsium, folat, magnesium, dan vitamin A, C, D, B1 serta B6. Selain itu, makan mentimun setiap hari juga mengurangi rasa sakit akibat arthritis dan rematik dengan menurunkan kadar asam urat.

Menyembuhkan mual pagi hari

Untuk menghindari mual di pagi hari, Anda bisa mengunyah beberapa irisan mentimun sebelum tidur. Mentimun mengandung vitamin B, gula dan elektrolit untuk memenuhi nutrisi penting. Pada akhirnya hal ini akan mengurangi intensitas sakit kepala dan mual.***

Editor : Robert

730 Total Views 2 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *