Tips Merubah dan Membentuk Kebiasaan

habitRADIO SUARA WAJAR – Rasanya hampir semua buku tentang motivasi bercerita tentang bagaimana orang-orang sukses mengelola kebiasaannya. Karena pada akhirnya, kesuksesan datang akibat kebiasaan-kebiasaan sukses dan segala sesuatu yang ingin kita capai mengharuskan kita untuk melakukan sesuatu hal secara berulang-ulang.

Untuk berubah menjadi lebih baik dan mengambil kendali atas hidup kita, kita harus merubah kebiasaan-kebiasaan buruk kita menjadi kebiasaan-kebiasaan yang baik.

Dibawah ini adalah beberapa hal yang perlu anda ketahui jika anda ingin membentuk kebiasaan-kebiasaan baru.

1. Satu kebiasaan pada suatu waktu

Orang biasanya ingin memiliki atau melakukan semuanya sekaligus. Dan ketika datang pada membentuk kebiasaan, mereka ingin mengganti semua kebiasaan yang buruk dengan yang baik pada sekali kesempatan. Dan tentu saja, mereka gagal. Kemudian, mereka biasanya tidak mencoba untuk kedua kalinya karena mereka terlanjur berpikiran negatif, kecewa pada diri mereka sendiri, kehilangan harapan dan telah memiliki keyakinan bahwa mereka akan gagal lagi. Namun mereka tidak menyadari bahwa itu adalah pendekatan yang salah. Cara yang tepat untuk melakukannya adalah bekerja pada satu kebiasaan pada suatu waktu. Apa pun yang anda inginkan, konsentrasilah hanya pada hal itu.

2. Mulailah sekarang

Memulai adalah bagian paling sulit dan paling penting dari proses. Hanya memulai. Jangan berpikir terlalu banyak tentang sesuatu hal, jangan merencanakannya terlalu detail, jangan menunggu hari Senin atau awal bulan depan untuk memulai. Lakukanlah sekarang.

3. Mulai dari hal kecil

Untuk membuat hal-hal begitu mudah sehingga anda tidak memiliki alasan untuk mengatakan tidak, anda harus membagi kebiasaan anda dalam langkah-langkah kecil. Dan kemudian mulai dengan langkah pertama. Sebagai contoh, jika anda ingin menjadi seorang penulis, yang perlu dilakukan pertama kali adalah menulis setiap hari. Itu adalah kebiasaan besar bagi mereka yang belum melakukan sebelumnya. Tetapi jika anda memulai dari yang kecil, hal itu tidak akan menjadi luar biasa.

Tetapkan tujuan menulis satu paragraf setiap hari, katakanlah di pagi hari setelah anda bangun atau sebelum anda pergi tidur di malam hari. Itu akan membuat segalanya lebih mudah ketika nanti anda harus menulis 500 kata atau halaman per hari.

4. Konsisten

Konsistensi adalah kunci keberhasilan.

Jika anda ingin mulai jogging, cukup jogging selama beberapa menit namun lakukan setiap hari. Jika anda ingin bangun lebih awal, bangun 10 menit sebelum waktu biasanya, lakukan setiap hari.

5. Miliki pemicu

Ingin mengembangkan kebiasaan yang berhubungan dengan sesuatu yang telah anda lakukan setiap hari? Pergilah ke gym setelah anda menyelesaikan pekerjaan, bermeditasi tepat setelah anda bangun, membaca atau menulis sebagai bagian dari rutinitas pagi anda, dll.

Hal ini akan menjadi pengingat anda dan anda tidak akan memiliki alasan untuk melewatkannya.

6. Fokus pada melakukan tindakan saat ini dan melupakan hasil

Jika anda terobsesi terlalu banyak tentang hasil akhir – menunggu perbaikan, tidak sabar, stress dan khawatir tentang hal tersebut ketika anda tidak melihat kemajuan – maka anda lebih mungkin untuk melakukan performa yang buruk.

Sebaliknya, lupakan apa yang akan terjadi. Anda menciptakan masa depan anda sekarang dan tidak ada hal-hal lain selain apa yang anda lakukan hari ini untuk mengubah kebiasaan anda. Jadi tetap pada rencana dengan mengambil langkah kecil setiap hari. Itu semua yang perlu anda lakukan.

7. Menikmati proses

Dengan menikmati proses mengubah kebiasaan anda akan membantu banyak. Jadilah positif dan percaya diri pada kemampuan anda. Kemauan dan motivasi akan datang bersama-sama dengan perasaan puas dan menikmati proses transformasi yang berlangsung.

8. Jangan pernah terlewatkan selama 3 hari berturut-turut

Anda melewatkan kebiasaan baru anda satu hari. Itu normal terjadi dan anda tidak perlu terlalu keras pada diri sendiri. Anda melewatkan satu hari lagi. Nah, itu harus menjadi perhatian anda, namun masih bisa dimaklumi. Tapi ketika anda melewatkan langkah kecil anda sebanyak 3 kali berturut-turut, ada kemungkinan besar anda akan menyerah. Jadi jangan biarkan hal itu terjadi.

Ingatlah baik-baik 8 tips ini dan anda akan berhasil dalam apa pun yang ingin anda capai. Setelah anda berhasil merubah satu kebiasaan maka anda akan merasa lebih mudah ketika anda melakukannya untuk yang kedua kali dan anda pun akan melakukannya dengan lebih baik.

 

895 Total Views 1 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *