Wakil Gubernur Lampung ajak dialog masyarakat di Pulau Pahawang

Pulau Pahawang Besar, Kabupaten Pesawaran, Lampung.

Pulau Pahawang Besar, Kabupaten Pesawaran, Lampung.

BANDAR LAMPUNG, RADIO SUARA WAJAR — Wakil Gubernur Bachtiar Basri bersama Dewan Riset Daerah Provinsi Lampung mengunjungi Pulau Pahawang yang terletak di Kabupaten Pesawaran. Kunjungan tersebut didampingi Staf Ahli Gubernur Bidang Pembangunan Fahrizal Darminto, Kepala Badan Litbang Inovasi Daerah Mulyadi Irsan dan Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Choiriya Pandarita. Tiba di pelabuhan Ketapang pukul 15.45 Wib, Wagub disambut PJ. Bupati Pesawaran Paryanto dan WadanLanal. Rombongan menyeberang menuju Pulau Pahawang menaiki kapal-kapal kecil.

Di lokasi, Wagub Bachtiar berdialog dengan masyarakat di Pulau Pahawang. Kepala Desa Pahawang Ahmad Salim menceritakan sejarah singkat pulau tersebut. Mulai dari pembentukan hingga pembangunan. Dengan Mitra TNI, masyarakat membentuk Badan Pengelola dan Perlindungan Mangrove (BPPM). BPPM melakukan langkah audiensi kesejumlah pihak, DPRD Pesawaran, BUPATI, Dinas Kelautan Kabupaten Pesawaran dan Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Lampung.

“Hingga tahun 2010 kami mengikuti pelatihan kepariwisataan di Bogor Jawa Barat dan Jakarta. Alhamdulillah bersama relawan, kami mampu menyadarkan masyarakat untuk mengembangkan potensi wisata dipulau pahawang. Dua tahun terakhir tercatat, pulau pahawang mendapat kunjungan lebih kurang 5000/bulan wisatawan baik lokal maupun dari luar daerah bahkan mancanegara,”jelas Kepala Desa.

Diinformasikan oleh Karo Humas dan Protokol Bayana, Wakil Gubernur dengan ramah menanggapi beberapa usulan dan harapan masyarakat Pahawang. Dijelaskan, kunker ini dalam rangka meninjau langsung sejumlah destinasi wisata pantai di Lampung, salah satunya adalah Pulau Pahawan. Wagub menilai kearifan lokal, budaya tradisional serta kealamian lokasi menjadi pemikat dan memiliiki daya tarik.

“Oleh karenanya yang harus ditingkatkan adalah tersedianya homestay yang lebih banyak. Bukan bangunan hotel mewah yang dibutukan, karena jika hotel yang akan merasakan dampaknya adalah para pemilik modal/ pengusaha. Kita ingin masyarakat merasakan peningkatan ekonominya hasil dari majunya pariwisata,” ujar Wagub.

Ditegaskannya, Pemerintah Provinsi Lampung akan terus berupaya meningkatkan pembangunan infrastruktur jalan jembatan, bahkan fasilitas pendidikan.

Ditambahkan Kabag Humas Heriyansyah, dalam kesempatan tersebut, Ir.Hi. Ansori Djausal, MM, budayawan dan tokoh adat Lampung turut menyarankan agar pendidikan juga diadakan muatan lokal mengenai Ilmu Budaya Adat, serta pemahaman kepariwisataan.

“Sehingga generasi penerus kita tetap siap menyongsong pesatnya pertukaran budaya dampak dari hadirnya orang-orang asing ke daerah kita,” tambahnya.

Usai mengunjungi Pahawang, rombongan kembali ke Pelabuhan Ketapang dan meneruskan perjalanan menuju Teluk Kiluan Kabupaten Tanggamus. Wagub bermalam di cottage/homestay Teluk Kiluan.***

Reporter : Robert

679 Total Views 1 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *