Dishub dan PJR Cek Ulang Kelaikan Kendaraan Angkutan Natal dan Tahun Baru

71images (11)RADIO SUARA WAJAR – PJR Direktorat Lalu Lintas Polda Lampung bersama Dinas Perhubungan Provinsi mengecek ulang kelaikan kendaraan angkutan Natal dan Tahun baru di Terminal Induk Rajabasa, Kamis (23/12/2015).

Pengecekan kelengkapan kendaraan angkutan natal dan tahun baru itu meliputi dokumen kendaraan seperti kir, surat kendaraan, fungsi lampu, rem, sain dan lainnya. Bus yang dinyatakan laik diberi tanda stiker lain. Para petugas mengecek bus dari berbagai jurusan yang ada di teminal Induk Rajabasa. Semua kendaraan bus AKDP itu lain jalan untuk angkutan natal dan tahun baru.

AKP Adit Priyanto dari PRJ Ditlantas Polda Lampung mengatakan, pengecekan itu dilakukan untuk memberikan kenyamanan perjalanan penumpang yang hendak menikmati Natal dan Tahun baru. Dengan kondisi angkutan yang laik, hal itu memberikan kepuasan dan kenyamanan, terutama keselamatan dalam berkenadaan umum.

Sementara Evan dari Dinas Perhubungan Provinsi mengatakan, pengecekan kelaikan kendaraan angkutan umum juga telah dilakukan dua pekan sebelumnya. Selain itu setiap bus memperpanjang kir dan kartu pengawasan juga selalu dilakukan pengecekan kelengkapan kendaraan. “Ini kami tinggal mengulang saja, pengecekan kelaikan juga sudah dilakukan dua pekan sebelumnya,” kata Evan di Terminal Induk Rajabasa.

Seperti dilansir lampungprov.go.id, menurut Evan jika ditemukan kendaraan yang benar tidak lain jalan, maka keputusan atau kebijakan berada di tangan kepala Terminal Antoni Makki. “Kalau ada yang tidak laik, keputusan bolah atau tidak bus itu jalan ada ditangan kepala terminal,” kata Eva.

Berdasarkan pantauan Lampung Pos, lonjakan penumpang mengalami peninkatan dibandingkan hari hari bisa. Namun demikian, bus yang tersedia di terminal masih sangat mencukupi untuk mengantar penumpang yang meneruskan perjalanan ke berbagai kota di Provinsi Lampung.

Hal itu dibenarkan Antoni Makki. Menurutnya lonjakan memang ada tetapi tidak terlalu signifikan dibanding hari hari biasa. “Ada sih peningkatan penumpang tapi masih terlihat biasa biasa saja,” kata dia.

 

601 Total Views 1 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *