Gubernur Lampung-Kapolda Operasi Tambang Ilegal

Tambang-Pasir-Merapi-Sunartono

Ilustrasi tambang Ilegal

BANDARLAMPUNG, RADIO SUARA WAJAR – Gubernur Lampung, M. Ridho Ficardo secara tegas mengatakan akan menggelar operasi besar-besaran dan membentuk tim untuk menertibkan tambang ilegal di Lampung Timur. Hal itu disampaikan Gubernur saat bertemu Kapolda Lampung, Brigjen Edward Syah Pernong di Kantor Gubernur, Bandar Lampung Rabu malam (2/12/2015).

“Akan ada operasi besar-besaran dan segera dibentuk tim untuk operasi ini. Jadi ini sinergitas antara Pemprov Lampung dan aparat kepolisian Polda Lampung,” kata Ridho singkat, seperti dirilis lampost.co, Kamis (03/12).

Kepala Bidang (Kabid) Umum Pertambangan dan Energi Provinsi Lampung Asrul membenarkan pihaknya sejauh ini telah membentuk tim untuk menertibkan tambang pasir yang ada di seluruh kabupaten/kota di Provinsi Lampung.

“Sudah dilakukan pembahasan mengenai tambang ilegal secara keseluruhan di kabupaten/kota yang ada dis eluruh Provinsi Lampung, termasuk Lampung Timur yang ramai dibicarakan saat ini. Tim yang ikut dalam pembahasan seperti Polisi Pamong Peraja (Pol PP), Dinas Perizinan, Dinas Perhubungan, dan Dinas Pertambangan Dan Energi, sekitar dua pekan yang lalu,” ujar Asrul dihubungi Rabu (2/12/2015) malam.

Asrul mengatakan hasil kesepakatan dari pembahasan tersebut, tim akan turun langsung ketambang dan melakukan penutupan total terhadap tambang, dalam waktu dekat ini akan dilakukan. tidak hanya itu menurutnya seluruh yang berkaitan dengan pengoprasian dengan tambang akan dilakukan pengamanan.

“Kita juga bekerja sama dengan Dirjen Kelautan Kementerian Perhubungan untuk melakukan penyitaan terhadap tongkang yang mengangkut pasir melaui laut, kita turun dalam waktu dekat kemungkinan dalam minggu ini, sekarang masih menyusun rencana,” kata dia.

Disinggung mengenai sejauh mana kordinasi dengan pihak Polda Lampung, Asrul mengatakan seluruh data tambang ilegal yang ada di Provinsi sudah dilaporkan ke Polda.

 

716 Total Views 1 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *