Cara Tetap Sehat Ketika Bekerja di Rumah

makan-sehat-kantorRADIO SUARA WAJAR – Banyak orang lebih menyukai bekerja dari rumah; tidak ada perjalanan yang melelahkan, kamar mandi VIP, dan kadang lebih santai. Kendati banyak sekali keuntungannya, bekerja dari rumah terkadang juga tidak baik, terlebih buat kesehatan. Meski demikian, bukan berarti kita tidak bisa mengakali bagaimana cara tetap sehat ketika bekerja di rumah.

Tentu saja, dengan sedikit perubahan pada rutinitas harian kita, bekerja dari rumah akan tetap menyehatkan, inilah 10 cara tetap sehat ketika bekerja di rumah:

1. Meja treadmill
Meja ini mungkin mahal, tapi bisa menjadi investasi yang penting untuk kesehatan kita. Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh Avner Ben-Ner, seorang profesor di Carlson School of Management, University of Minnesota, meja treadmill telah ditemukan untuk meningkatkan produktivitas kerja.

2. Meja berdiri
Masih tentang meja, ini mungkin sedikit tidak nyaman untuk bekerja sembari berdiri, tetapi penelitian telah menemukan bahwa orang yang menggunakan meja berdiri bisa mengurangi risiko obesitas, diabetes tipe 2, dan kanker. Jika itu kurang meyakinkan, ketahuilah, Ernest Hemingway, Charles Dickens, dan Leonardo Da Vinci, menggunakan meja sejenis untuk menghasilkan karya-karya mereka.

3. Camilan sehat
Hal yang paling sulit untuk dihindari ketika bekerja dari rumah adalah makanan-makanan junk-food ketika stres. Untuk mengatasi ini, cara satu-satunya adalah membersihkan dapur kita dari seluruh makanan jenis ini, kemudian mengisi kulkas dengan makanan lezat nan sehat. Misalnya, buah dengan kadar air tinggi, sayuran yang mudah dipotong dan dimakan, juga-juga makanan-makanan kaya protein lainnya. Pada mulanya memang tampak sulit, tapi jika itu dilakukan dari waktu ke waktu akan tampak terbiasa.

4. Minum air putih
Selain membersihkan dapur dari junk-food, persediaan air putih juga sangat penting. Selain menjaga agar tubuh tetap sehat, banyak minum juga membantu mengurangi keinginan untuk ngemil.

5. Tetap berpakaian
Berpakaian di pagi hari dapat meningkatkan produktivitas dan kesehatan mental secara keseluruhan. Berpakaian seolah-olah kita sedang berangkat ke kantor bisa memotivasi kita untuk bekerja lebih keras dibanding saat bekerja dengan hanya menggunakan piyama. Ini memang tidak begitu dianjurkan, tapi tetap berpakaian rapi meski bekerja dari rumah adalah bentuk dari dedikasi.

6. Membuat rutinitas
Jadwal adalah bagian penting dari menciptakan dan memelihara rutinitas kerja yang sehat. Membuat jam kerja, secara konsisten dapat membantu kita untuk mengatur pikiran. Kapan harus mulai bekerja, kapan harus beristirahat, dan jika perlu, buat waktu untuk tidur siang meski sebentar.

7. Jalan-jalan untuk istirahat
Mengambil waktu istirahat dengan jalan-jalan dapat membantu kita kembali fokus pada pekerjaan, terutama ketika kita mengetahui bahwa kita memiliki kondisi mental yang kurang bagus. Berjalan-jalan cukup dilakukan di sekitar rumah selama kurang lebih 10 menit. Aktivitas ini juga meningkatkan fungsi otak dan kreativitas. Vitamin D yang kita serap membantu untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan kesehatan tulang.

8. Berolahraga
Olahraga adalah bagian penting untuk tetap sehat meski bekerja dari rumah. Bahkan, sebagian orang beranggapan bahwa akan lebih mudah untuk berolahraga jika kita bekerja dari rumah—bisa dilakukan di jeda waktu istirahat.

9. Home office
Salah satu hal yang paling penting bagi pekerja dari rumah adalah ruang khusus untuk bekerja. Tentu saja dengan desain khusus, juga suasana khusus sesuai keinginan kita. Intinya, bagaimana kita seolah-olah membuat sekat antara kehidupan pribadi dengan kantor.

10. Lokasi baru
Bekerja dari rumah terkadang juga bisa menimbulkan kebosanan, bahkan bisa menimbulkan kesan seperti di penjara. Oleh sebab itu, rajin mencari lokasi baru adalah solusi jitu. Jika bekerja di ruang kerja bersama terlalu mahal, cobalah dengan mencari kafe atau perpustakaan umum yang lebih baik lagi yang sudah memiliki jaringan Wi-Fi.

 

666 Total Views 1 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *