Kuku Mudah Patah Tanda Kesehatan Tubuh Buruk?

057086100_1463887490-broken_nailsRADIO SUARA WAJAR – Jika mata adalah jendela jiwa, maka kuku adalah jendela ke kesehatan Anda. Untuk mengetahui tentang kesehatan dan kondisi tubuh, dilansir dari laman Pure Wow, ini 6 permasalahan kuku yang merupakan sinyal tentang tubuh.

1. Kuku kering dan mudah patah

Kuku rapuh bisa disebabkan oleh beberapa hal. Mulai dari karena berada di dalam air terlalu lama, terlalu banyak menggunakan pembersih kutek, sampai karena kekurangan vitamin A, atau Ci, atau biotin.

Untungnya, ada cara mengatasinya. Mulai dari mengonsumsi suplemen vitamin sampai menggunakan pelembap.

2. Kuku berbuku vertikal

Layaknya uban dan kerutan pada kulit, buku-buku vertikal pada kuku adalah tanda normal penuaan, dan tak perlu dikhawatirkan. Jika Anda tidak suka melihatnya, haluskan saja menggunakan peralatan manicure agar permukaan kuku mulus kembali.

3. Kuku berbuku horizontal

Tidak seumum buku vertikal, buku-buku horizontal pada kuku bisa jadi disebabkan oleh sesuatu yang mengkhawatirkan. Indikasi ini seringnya disebabkan oleh Beau’s Lines, yang muncul ketika pertumbuhan di bawah kutikula kuku terganggu. Hal ini biasanya disebabkan oleh cedera atau penyakit (seperti lever, diabetes, atau infeksi).

Jika Anda menemukan buku horizontal pada kuku, berkonsultasilah ke dokter.

4. Muncul bintik-bintik putih

Berlawanan dengan kepercayaan umum yang mengira hal ini disebabkan oleh kurangnya kalsium, titik putih pada kuku sebenarnya disebabkan oleh trauma ringan – tangan terbentuk atau tertekan suatu benda yang cukup berat. Hal ini tidak perlu dikhawatirkan.

Biasanya bintik-bintik putih ini hilang dengan sendirinya.

5. Kuku berwarna kekuningan

Semua hal mulai dari rokok sampai penuaan atau bahkan cat kuku berwarna gelap bisa berkontribusi menyebabkan kuku jadi kuning.

Jika kuku Anda jadi berwarna kekuningan karena cat kuku, ada cara mudah menghilangkannya. Berhenti gunakan cat kuku selama beberapa minggu, untuk mengembalikan warna kuku seperti semula.

6. Ada sedikit bintik kuning

Jika bintik kuning ini tepat di bawah ujung kuku, besar kemungkinannya kuku Anda berjamur. Jika ada menemukan bintik kekuningan yang kemudian disertai kuku jadi menebal atau mudah patah, segeralah obati. Oleskan krim anti jamur atau konsumsi obat minum untuk mengatasi hal ini.

 

512 Total Views 1 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *