Izin Impor Freedloter Di Ambil Alih Oleh Bulog

sapi2

 

LAMPUNG, RADIO SUARA WAJAR – Badan Urusan Logistik (Bulog) Mengambil alih aliran impor daging sapi yang selama ini dipegang pengusaha pengemukan sapi atau feedloter. Pasalnya, pemerintah akan menyetop pemberian surat persetujuan impor (SPI) kepada feedloter.

Mentri Perdagangan Rachmat Gobel usai rapat di Kompleks Istana Presiden, Selasa (11/8) menegaskan bahwa pihaknya sama sekali tidak akan memberikan izin impor. Rapat di Kompleks Istana Presiden itu dihadiri oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla dan Mentri Koordinator Bidang Perekonomian Sofyan Djalil. Rachmat mengatakan izin impor hanya diberikan kepada Bulog, karena sesuai dengan fungsinya untuk menjaga stabilitas pasokan dan harga pasar.

Untuk diketahui, di Lampung terdapat 11 feedloter untuk memenuhi pasokan daging sapi di dalam provinsi dan sekitarnya. Diberitakan sebelumnya, data Asosiasi Pedagang Sapi di Lampung, di Bumi Ruwa Jurai 50% daging sapi digunakan sebagai campuran bahan olahan, seperti bakso dan sosis.

Sementara itu Bulog Lampung mengaku belum akan menggelar operasi pasar (OP) daging sapi seperti yang dilakukan di beberapa daerah di Pulau Jawa. Padahal, harga daging sapi di Lampung hingga kemarin masih tinggi, berkisar Rp110 ribu-Rp120 ribu/kg.

Humas Perum Bulog Drive Lampung Suzana mengatakan pihaknya belum mendapat perintah dari Bulog Pusat untuk melakukan operasi pasar. Apalagi stok sapi dari Laporan Dinas Peternakan Lampung masih cukup. Dirinya menambahkan jika sudah ada perintah Bulog Lampung pasti akan melaksanakannya. Namun Suzana juga belum memastikan apakah Lampung mendapat jatah sapi potong yang akan diimpor pemerintah sebanyak 50 ribu ekor untuk meredam gejolak kenaikan harga.

 

840 Total Views 1 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *