Ekspor Udang Indonesia ke AS Berjaya

PjxmFmlpBz

Ekspor Udang Indonesia ke AS Berjaya

Metrotvnews.com, Jakarta –  Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, ekspor Indonesia pada Februari 2015 mengalami surplus sebesar USD12,3 miliar. Meski mengalami penurunan dibanding periode yang sama pada tahun lalu, namun ekspor udang Indonesia ke Amerika Serikat (AS) berjaya pada bulan ini.

Menteri Perdagangan (Mendag) Rachmat Gobel mengakui hal tersebut. Bahkan menurut dia, pasar ekspor udang ke negeri Paman Sam itu mengalahkan negara-negara lainnya seperti India, Ekuador, Vietnam, Thailand dan Malaysia. “Indonesia menjadi penguasa pasar ekspor udang di Amerika Serikat dengan pangsa sebanyak 23 persen, mengalahkan negara-negara lainnya,” ungkap Rachmat dalam konferensi pers Kinerja Ekspor Impor Februari 2015 di kantornya, Jalan MI Ridwan Rais No 5, Jakarta Pusat, Selasa (17/3/2015).

AS merupakan negara tujuan ekspor nonmigas terbesar Indonesia dengan total ekspor sebesar USD1,19 miliar. Sedangkan posisi runner up dipegang negeri sakura Jepang dengan total ekspor nonmigas sebanyak USD1,13 miliar. Rachmat menjelaskan, neraca perdagangan Indonesia terdongkrak akibat ekspor nonmigas yang mengalami surplus sebesar USD570 juta. Secara volume, neraca sektor nonmigas pun ikut menyumbang surplus sebesar 27,76 juta ton.

Menurut Rachmat, selain udang yang berjaya di AS, ekspor sektor pertanian juga membantu menolong neraca perdagangan Indonesia. Ekspor sektor pertanian pada periode Januari-Februari 2015 meningkat 2,4 persen secara year on year (YoY) menjadi USD900 juta.

“Sektor pertanian yang naik signifikan antara lain kopi, teh, dan rempah-rempah yang naik 41,9 persen, bahan-bahan nabati naik 84,1 persen, serta pohon hidup dan bunga potong yang naik 16 persen. Sektor pertanian masih menjadi unggulan ekspor di tengah melemahnya ekspor sektor lainnya,” pungkas Rachmat.

905 Total Views 1 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *