Manfaat Berkebun bagi Kaum Urban

berkebun

Manfaat Hebat Berkebun bagi Kaum Urban

Berkebun ternyata memiliki banyak manfaat terutama bagi kaum urban yang hidup dalam dunia yang serba modern. Berkebun ternyata memiliki banyak manfaat terutama bagi kaum urban yang hidup dalam dunia yang serba modern. Percaya atau tidak, kaum urban atau masyarakat modern perlu berkebun, lho! Apa alasannya? Sebab, berkebun merupakan cara terbaik bagi orang-orang yang hidup di dunia yang serba modern untuk kembali ke akarnya.

Jika Anda pernah berpikir untuk memulai berkebun, karena saat ini berkebun tidak harus selalu tergantung pada tanah atau kebun yang luas, maka sudah saatnya Anda memulainya dari sekarang. Syaratnya pun cukup mudah, siapkan bibit tanaman, air, pupuk, dan sinar matahari.

Percayalah, berkebun merupakan hobi yang sebenarnya akan memberikan banyak manfaat bagi kehidupan seseorang. Dan jika ingin tahu lebih jauh tentang berkebun, berikut lima manfaat berkebun bagi kaum urban :

1. Berkebun Bisa Membuat Anda Panen Sayur Sendiri
Kini kegiatan berkebun tampaknya semakin mudah. Anda tak perlu khawatir lagi soal lahan dan ketersediaan tanah di halaman. Ada banyak cara untuk mulai berkebun di rumah. Jika masih memiliki lahan cukup di pekarangan rumah, Anda bisa menanam sayur atau tanaman herbal lebih leluasa. Namun jika tinggal di rumah mungil atau apartemen, pertimbangkan untuk memulai cara hidrofonik atau aquafonik.

Setelah masalah lahan terselesaikan, kini faktor utama dalam berkebun yang paling menentukan adalah soal bagaimana Anda mengawasi tanaman yang sudah ditanam. Apakah pupuk, siraman air, dan paparan sinar mataharinya cukup atau tidak.

Dengan menanam sendiri sayuran di rumah, Anda dan keluarga juga tentu akan merasa lebih aman. Karena, sayur dan tanaman herbal yang dipanen sendiri akan terbebas dari pestisida atau zat kimia lain yang mungkin diberikan pada sayuran yang biasa Anda beli di pasar atau supermarket. Semakin segar sayur yang Anda makan, semakin sehat tubuh Anda dan keluarga. Hebat, bukan?

2. Berkebun Mendekatkan Anda Kembali kepada Alam
Coba perhatikan, setiap kali datang hari libur, berapa ribu orang memadati lokasi wisata luar ruang? Nah, itu artinya manusia selalu membutuhkan kegiatan yang akan selalu mendekatkan dirinya dengan alam. Dan berkebun adalah salah satunya.

Dengan berkebun, Anda pun tak perlu mengeluarkan lebih banyak uang bila dibandingkan dengan berlibur ke lokasi wisata luar ruang di kota tertentu. Anda bisa mengajak suami dan anak-anak untuk ikut berkebun. Anda tentu akan lebih bahagia ketika melihat halaman rumah lebih hijau dan dipenuhi dengan berbagai tanaman, apalagi jika tanaman itu dapat Anda konsumsi sendiri bersama keluarga.

3. Berkebun Memberikan Tantangan dalam Arti yang Sangat Baik
Terkadang kegiatan berkebun juga dapat memancing diri Anda untuk lebih kreatif. Salah satunya, Anda jadi tertantang untuk mengetahui lebih banyak lagi bagaimana cara menanam bunga agar selalu berbunga, atau bagaimana cara agar tanaman buah selalu berbuah setiap musimnya.

Dengan begitu, Anda akan selalu mencari informasi terbaru mengenai cara berkebun yang baik, entah itu melalui buku atau internet. Bahkan Anda bisa memiliki lebih banyak teman dan kenalan baru, dengan bergabung ke dalam suatu komunitas hobi berkebun tertentu.

4. Berkebun Membuat Anda Lebih Relaks
Kendati kelihatannya berkebun akan sangat merepotkan, seperti saat mengganti tanah pada pot atau saat menyemai bibit, namun pada kenyataannya kegiatan ini justru akan membuat perasaan yang melakukannya lebih relaks dan santai.

Silakan saja coba sendiri, ketika Anda sudah menghabiskan waktu dalam sepekan dengan kegiatan rutin di kantor, di akhir pekan Anda habiskan waktu dengan menanam bibit tanaman baru. Sebagian besar orang yang berkebun mengaku akan merasa lebih relaks saat harus memulai kerja kembali di pekan yang baru.

5. Berkebun Membuat Hati Lebih Bahagia dan Gembira
Siapa pun, termasuk Anda, pasti akan merasa sangat gembira ketika tahu bibit tanaman yang Anda tanam sudah mulai berbunga atau bahkan berbuah. Itu artinya, Anda sudah merasa berhasil melakukan sesuatu yang sejak awal diharapkan tumbuh dengan baik.

Dampak positifnya, setelah tahu Anda mampu menanam aneka tanaman dengan sukses, di kemudian hari Anda akan semakin tertantang untuk berkebun dan terus berkebun. Bahkan bagi sebagian orang yang sudah lebih mahir berkebun, kegiatan ini pun bisa dijadikan peluang untuk menghasilkan uang lebih.

Jadi, tunggu apalagi? Segeralah berkebun, jangan takut kotor dan khawatir pada cacing! Sebab ternyata ada banyak manfaat berkebun bagi kaum urban !

1723 Total Views 1 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *