Gubernur Lampung Ridho Ficardo Serahkan DIPA APBN 2017

Gubernur Lampung M Ridho Ficardo
Gubernur Lampung M Ridho Ficardo

BANDAR LAMPUNG, RADIO SUARA WAJAR — Gubernur Lampung Ridho Ficardo memberikan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) APBN 2017 kepada SKPD dan Satker Provinsi Lampung serta kabupaten/kota se Lampung. Kegiatan berlangsung di Balai Keratun Komplek Pemprov Lampung, Jumat 16 Desember 2016.

Ridho menyampaikan bahwa DIPA telah diserahkan oleh Presiden kepada Gubernur seluruh Indonesia pada 7 Desember lalu, dan kini sebagai wakil pemerintah di daerah Gubernur menyerahkan kepada instansi vertikal dan Pemerintah Kab/Kota di Lampung.

Pada penyerahan DIPA oleh Presiden beberapa waktu lalu ada beberapa hal yang perlu menjadi perhatian pemerintah daerah yang diamanatkan terkait pelaksanaan DIPA 2017.

“Diantaranya Presiden berharap pada tahun 2017 tingakat kemiskinan bisa diturunkan menjadi 10,5% dan pengangguran ditelan menjadi 5,6% di Indonesia, “ kata Gubernur.

Gubernur menyampaikan, alokasi Dana APBN untuk Provinsi Lampung mengalami penurunan dimana pada tahun lalu mendapatkan cukup besar yakni 9,04 triliun dan pada 2017.

“Akibat beberapa alasan seperti penghematan pagu anggaran hingga pelemahan ekonomi global dan Lampung menerima 7,199 triliun atau mengalami penurunan 11,81%,” katanya.

Diterangkan Ridho pula, dalam penyerahan DIPA oleh Presiden beberapa waktu lalu Provinsi Lampung menerima Dana Insentif Daerah sebesar 208.429 milyar.

“Saya ucapkan terimakasih kepada Bupati dan Walikota yang telah menerima WTP (Wajar Tanpa Pengecualian), atas prestasi tersebut Pemprov Lampung dan kabupaten atau kota di Lampung mendapatkan penghargaan dalam pencapaian kinerja dalam bentuk Dana Insentif Daerah (DID), “ujar Ridho.

Untuk itu Gubernur Ridho mengajak semua unsur untuk bekerja lebih keras lagi dan memanfaatkan kemampuan Fiskal Ekonomi yang dimiliki untuk keaejahteraan masuarakat semaksimal mungkin.

“Jumlah Kekuatan Fiskal Ekonomi Lampung pada 2017 yakni sebesar 36,1 Triliun yang terdiri dari APBD Provinsi dan APBN senilai 14,777 Trilun, dan 28, 141 Triliun APBD Kab/Kota se-Lampung,” pungkasnya.***

Reporter : Robert

105 Total Views 1 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *