Tips Terhindar dari Bau Mulut saat Puasa

Cara Mencegah Bau Mulut

RADIO SUARA WAJAR – Saat menjalani puasa, sering kali kita menghadapi yang namanya masalah bau mulut. Terkadang hal tersebut memang menganggu, dan membuat kita jadi tidak nyaman untuk berbicara dengan seseorang.

Berikut merupakan tips agar nafas tetap segar dan terhindar dari bau mulut saat puasa :

Makan banyak sayuran dan buah-buahan saat sahur

Ini merupakan hal pertama yang harus diperhatikan saat sahur. Usahakan Anda mengkonsumsi sayuran segar dan buah-buahan setiap sahur. Karena makanan tersebut bisa menjadi pembersih gigi alami yang membersihkan plak gigi yang kotor, dan juga memiliki sifat antioksidan untuk kesehatan mulut.

Sikat gigi dengan baking soda

Setelah sahur tentunya Anda harus menyikat gigi untuk membersihkan makanan yang tersisa. Sebenarnya, ada cara alami yang bisa Anda lakukan agar nafas Anda tetap segar secara alami. Caranya, campur 1/4 cangkir baking soda dengan dua sendok makan kulit lemon yang ditumbuk, lalu tambahkan dua sendok teh garam. Setelah semua bahan tercampur, gosokkanlah ke gigi Anda hingga bersih. Hal ini membantu mengurangi kadar asam mulut dan menghilangkan bakteri di mulut Anda.

Berkumur dengan air cengkeh

Air cengkeh bisa menjadi solusi Anda agar saat berkumur nafas terasa lebih segar. Caranya, masukkan empat siung cengkeh ke dalam air rebusan, lalu rebus kurang lebih setengah jam. Setelah itu, gunakan campuran tersebut untuk obat kumur dua kali sehari selama 60 detik, dan pastikan air jangan sampai tertelan. Lakukan hal ini selama puasa, hasilnya nafas Anda akan terasa segar seharian.

Hindari mengkonsumsi bawang saat sahur

Sebanyak apapun Anda menyikat gigi, bila Anda terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang terdapat bawang putih, mulut Anda akan tetap memiliki bau tidak sedap. Maka sebaiknya, hindarilah menu yang terdapat bawang putih, atau berbagai macam jenis bawang lainnya. Namun bila Anda memang suka dengan makanan yang terdapat bawang di dalamnya, Anda bisa mengatasinya setelah makan, dengan mengunyah beberapa irisan lemon dan garam sebelum waktu imsak.

Pastikan Anda minum banyak air setelah berbuka puasa

Kekurangan air bisa menjadi salah satu penyebab mulut menjadi bau. Jadi pastikan juga saat waktunya berbuka, hindari langsung melahap berbagai jenis makanan berat. Namun minumlah dahulu beberapa gelas air putih, agar kebutuhan mineral di dalam tubuh terpenuhi dan nafas menjadi segar.

869 Total Views 1 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *