Sebagian Warga Skotlandia Mengaku Tak Beragama

Berdoa. Foto : Telegraph

Berdoa. Foto : Telegraph

EDINBURGH, RADIO SUARA WAJAR – Sebuah riset yang tentang perilaku sosial warga Skotlandia mennjukkan bahwa lebih dari separuh warga negeri di utara Inggris itu tak beragama.

Berdasarkan hasil survei, sebanyak 52 persen responden menyataan mereka tak beragama. Jumlah mereka yang tak beragama meningkat dibanding pada 1999 yang hanya 40 persen.

Sementara jumlah pemeluk agama lainnya seperti Katolik Roma dan aliran Kristen lainnya berada dalam level yang stagnan yaitu 15 persen dan 11 persen.

Sementara warga Skotlandia yang memeluk agama selain Kristen jumlahnya juga tak berubah yaitu sebanyak dua persen.

Riset yang digelar ScotCen Social Research ini juga menunjukkan jumlah warga yang hadir dalam ritual-ritual keagamaan juga mencapai titik terendah sejak 1999.

Bahkan, dua pertiga warga Skotlandia yang mengaku masih beragama mengatakan tidak pernah datang ke tempat ibadah.

“Hasil riset ini menunjukkan bahwa komitmen warga Skotlandia baik dalam hal menjadi bagian sebuah agama atau menjalankan ibadah, terus menurun,” ujar Ian Montagu, peneliti di ScotCen seperti dikutip dari bbc.co.uk.

“Namun, hal ini nampaknya tak mempengaruhi agama apapun. Afiliasi dengan Gereja Skotlandia menurun namun level identifikasi dengan agama lain relatif tak berubah,” lanjut Montagu.

Survey ini digelar antara Juli 2015 hingga Januari 2016 dan melibatkan 1.288 orang responden yang dipilih secara acak.***

Editor : Robert

 

525 Total Views 1 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *